ABSTRAK Tesis ini membahas bagaimana Brand dan CRM yang diterapkan dalam kurunwaktu 2009 sampai dengan 2011 berdampak terhadap Nilai Pemegang Sahampada PT. XL Axiata, Tbk. Menganalisa kondisi dan posisi perusahaan dalamaktifitas penerapan CRM dan brand strategi dalam mempengaruhi shareholdervalue dan memberikan usulan alternatif strategi dengan adanya pendekatankonsep untuk memperoleh daya saing berkelanjutan dan lebih meningkatkanshareholder value melalui Customer Equity dan Brand Equity, Adapun salah satumetode untuk menentukan SHV adalah pengukuran pada market to book ratio ,Total Shareholder Return (TSR), Earnings per share (EPS), Dicsounted cash flows(DCF) dan 'l`obin?s Q. Perubahan kondisi keuangan perusahaan diwujudkandengan keuntungan perusahaan dan pada akhirnya hal tersebut akanmempengaruhi SHV. Hal tersebut akan menarik untuk dikaji mengenai bagaimanapengaruh Brand dan aktifitas CRM dan implementasinya yang merupakancerminan dari Customer Equity dan Brand Equity tersebut dilakukan dalammempengaruhi nilai dari SHV pada PT. XL Axiata, Tbk. Pada kurun waktu tahun2009 sampai dengan 2011. Abstract This thesis analize how Brand and CRM which are implemented gives impact toshareholder value in PT. XL, Axiata, Tbk. between 2009 until 20| l. Through theanalyze of the strategy implemented, it can be analyzed the most effective andefficient strategy from inside the company. lt reflect to Customer Equity andBrand Equity PT. XL Axiata, Tbk. The method to determine the shareholdervalue are using market to book ratio, Total share holder return, Earnings pershare, Discounted cash flows, Tobin?s Q. Through those indicator the financialprofit shown. The result is how CRM and Brand implemented with reflected onCustomer Equity and Brand Equity can make an influence and maximize theshareholder value in PT. XL Axiata, Tbk. over the long term or short term period. |