:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh gaya kepemimpinan terhadap manajemen konflik manajer Perum Peruri = The influence of leadership style toward conflict management manager at Perum Peruri

Yudhi Irdiansyah; Yanki Hartijasti, supervisor; Aryana Satrya, examiner; Junino Jahja, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Penelitian ini menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan terhadap manajemen konflik manajer di Perum Peruri. Penelitian ini menggunakan kuesioner Multifactor Leadership Questionnaire (MLQ5X) untuk mengukur gaya kepemimpinan dan kuesioner Rahim Organizational Conflict Inventory II (ROCI-II) untuk mengukur manajemen konflik. Sampel yang digunakan pada penelitian ini berjumlah 100 karyawan Perum Peruri. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan general linier model (GLM).
Hasil penelitian menemukan gaya kepemimpinan transformasional berpengaruh positif terhadap manajemen konflik integrating, dominating dan compromising. Gaya kepemimpinan transaksional berpengaruh positif terhadap manajemen konflik obliging dan avoiding. Gaya kepemimpinan laissez-faire berpengaruh positif terhadap manajemen konflik dominating dan avoiding dan berpengaruh negatif terhadap manajemen konflik integrating dan compromising. Hasil penelitian juga menemukan gaya kepemimpinan transformasional tidak berpengaruh signifikan terhadap avoiding dan obliging. Gaya kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh signifikan terhadap dominating, compromising dan integrating. Gaya kepemimpinan laissezfaire tidak berpengaruh signifikan terhadap obliging.
Hasil penelitian menyarankan untuk menganalisis lebih lanjut pengaruh pada masing-masing dimensi gaya kepemimpinan. Gaya kepemimpinan transformasional yang terdiri dari idealized influence (attributed), idealized influence (behavior), inspirational motivation, intellectual stimulation dan individualized stimulation; Gaya kepemimpinan transaksional yang terdiri dari contingent reward, management by exception active dan managemen by exception by passive; dan dimensi gaya kepemimpinan laissez-faire.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T32284
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 88 pages : illustration ; 30 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32284 15-19-874185948 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20333435