:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Association between presence in lectures and student knowledge gain in problem based learning: experience in Neuropsychiatry module, FMUI, International Program

([Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2009)

 Abstrak

Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk melihat asosiasi antara kehadiran dalam kuliah dan nilai ujian.
Metode Penelitian ini adalah penelitian potong lintang yang dilakukan di FKUI, kelas khusus Internasional, mulai November 2007 sampai Mei 2008. Kriteria inklusi subyek adalah semua mahasiswa FKUI kelas khusus Internasional yang sedang mengikuti Modul Neuropsikiatri tahun ajaran 2007/2008, sedangkan kriteria eksklusi adalah mahasiswa yang tidak hadir pada ujian yaitu: ujian pilihan ganda ke 1(MCQ1), ke 2 (MCQ2) atau esai. Data yang diambil adalah kehadiran dalam kuliah dan nilai ujian. Data dianalisis menggunakan program SPSS regresi linear untuk melihat korelasi antara kehadiran dalam kuliah dan nilai ujian.
Hasil Hasil penelitian menunjukkan bahwa R dan P dari asosiasi antara kehadiran dalam kuliah dan ujian adalah (R= 0.121, P= 0.413), (R= 0.212, P= 0.148), (R= 0.260, P= 0.075), dan (R= 0.280, P= 0.054) untuk MCQ1, MCQ2, esai, dan rerata nilai.
Kesimpulan Pada modul Neuropsikiatri, ternyata tidak ada asosiasi antara kehadiran pada kuliah dan nilai ujian. Hal ini mungkin disebabkan oleh berbagai faktor yang telah dibahas, tetapi tidak dianalisis.

Abstract
Aim This study was conducted to determine the association between presence in lecture and examination scores.
Methods This was a cross sectional study, conducted in the Faculty of Medicine University of Indonesia, International Class Program, from November 2007 to May 2008. The subject?s inclusion criterion was FMUI International class students enrolled in the Neuropsychiatry module in 2007/2008. we excluded students who did not attend the examinations i.e. multiple choice questions (MCQ)-1, -2, or essay. The data collected were presence in lecture and examination scores. Data analysis was done using SPSS linear regression to see the association between presence in lectures and exam scores.
Results The results showed that the R and P of the association between presence in lectures and exam scores were (R= 0.121, P= 0.413), (R= 0.212, P= 0.148), (R= 0.260, P= 0.075), and (R= 0.280, P= 0.054) for MCQ1, MCQ2, essay, and mean exam scores respectively.
Conclusion We failed to show the association between presence in lectures and student knowledge gain. This result might be due to the many factors discussed that were not analyzed in this study.

 Metadata

No. Panggil : pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2009
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Medical Journal of Indonesia
Volume : Vol. 18, No. 2, April 2009: 131-134
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik : http://mji.ui.ac.id/v2/?page=journal.detail2&id=208
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Fakultas Kedokteran UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20333477