:: UI - Skripsi Open :: Kembali

UI - Skripsi Open :: Kembali

Sosialisasi fikih Muhammad Kholil di Bangkalan = Socialization of Fikih Muhammad Kholil in Bangkalan

Syariati Umami; Juhdi Syarif, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012)

 Abstrak

Skripsi ini membahas tentang Sosialisasi Fikih Muhammad Kholil di Bangkalan. Kholil adalah seorang ulama legendaris asal Bangkalan awal abad ke 19 dan ahli dalam ilmu fikih. Kholil mengarang kitab fikih beijudul Al-Matn As-Syarif dan As­ Sildh fi Baydn An-Nikdh. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode penelitian sejarah. Data diperoleh melalui studi pustaka dan wawancara dengan nara sumber yang memiliki keterkaitan dengan Kholil.
Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengenal sosok Kholil, pemikiran fikihnya dan pengaruhnya di Bangkalan. Basil penelitian ini menunjukkan bahwa kitab fikih Al-Matn As-Syarif dan As-Sildh fi Baydn An-Nikah digunakan sebagai rujukan permasalahan Islam (ibadah dan pernikahan) di masyarakat Bangkalan dalam kehidupan sehari-hari. Pemikiran fikih Kholil memberikan pengaruh yang kuat dalam perkembangan Islam di Bangkalan Madura.

This study discuss about Socialization of Fikih 'Muhammad Kholil in Bangkalan. Kholil is a legendary ulama from Bangkalan in 19th century who is specialist infikih. Kholil writes fikih books which are entitled Al-Matn As-Syarif dan As-Silah fi Bayan An-Niktih The method which the writer used is historical research method. The data obtained thought literature and interviews with informants who have relevance with Kholil.
The Purpose of this study is to recognize the figure Kholil, thought and Kholil role in Bangkalan. The result of this study is to show that fikih books Al-Matn As­ Syarif dan As-Silah fi Bayan An-Nikah is used as references for moslem problems (worship and marriage) especially Bangkalan society. Kholil thought influences the growth of Islam in Bangkalan, Madura.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : S44069
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2012
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiii, 87 hlm. ; 28 cm + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
S44069 14-23-72203333 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20334291