:: Artikel Jurnal :: Kembali

Artikel Jurnal :: Kembali

Quality of life after first- and second- eye cataract surgery on community project in Lombok Island, West Nusa Tenggara, Indonesia

([Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2013)

 Abstrak

Latar belakang: Penelitian ini bertujuan untuk menilai adanya perbedaan nilai quality of life (QoL) dan time trade-off utility (TTO), pasca tindakan bedah katarak pada mata pertama dan mata kedua pada penduduk Lombok, Indonesia.
Metode: Data epidemiologis dan penilaian QoL dan TTO didapat dari subjek, sebelum dan tiga minggu setelah menjalani tindakan bedah katarak pada sarana bedah komunitas di Pulau Lombok. Kelompok A adalah pasien yang menjalani operasi pada mata pertama, sedangkan kelompok B adalah pasien yang menjalani operasi pada mata kedua. Pertanyaan kuesioner ditujukan untuk mendapatkan data kemampuan mengurus diri sendiri, kemampuan mobilitas, kehidupan sosial, dan status mental. Data dianalisis dengan uji chi-square untuk data kategorik dan uji t tidak berpasangan atau Mann-Whitney untuk data numerik.
Hasil: Data didapat dari 77 subjek, yang terdiri dari 50 subjek dari kelompok A dan 27 subjek dari kelompok B. Pasca bedah didapatkan adanya peningkatan QoL dalam hal kemampuan mengurus diri sendiri, kemampuan mobilitas, kehidupan sosial, dan status mental yang bermakna (p < 0,001), pada kedua kelompok. Peningkatan QoL terjadi pada 46 subjek di kelompok A, dan lebih meningkat lagi pada 22 subjek di kelompok B. Pengukuran TTO dapat diterima oleh 35 subjek pada kelompok A dan 22 subjek pada kelompok B. Delapan puluh tujuh persen subjek menyatakan hasil operasi yang sesuai dengan harapan mereka.
Kesimpulan: Tindakan bedah katarak pada mata kedua terbukti dapat lebih meningkatkan QoL pada subjek dengan hasil penglihatan mata pertama yang baik. Peningkatan kemampuan penglihatan pasca bedah telah sesuai dengan harapan para subjek.

Abstract
Background: This study aims to assess the quality of life and the time trade off-utility value of the first eye cataract surgery and the second eye cataract surgery in Lombok Island-Indonesia.
Methods: This was an epidemiologic survey study on community of cataract surgery. Evaluations of quality of life (QoL) and time trade-off (TTO) were performed using questionnaire prior and three weeks after cataract surgeries who had either first (group A) or second eye cataract surgery (group B). Personal data was noted especially on self-care, mobility, socially, and mentally status. Data was analyzed by chi-square test for categorical data and unpaired t-test or Mann-Whitney test for numeric data.
Results: A total of 77 subjects was included in this study, there were 50 subjects in group A and 27 subjects in group B. Elements of QoL were improved after surgeries including self care, mobility, social, and mental status in both groups (p < 0.001). The modified TTO was accepted in 35 subjects in group A and 22 subjects in group B. Quality of life was improved in 46 patients in group A, there was further improvement in 22 patients in group B. The degree of patient?s expectation was good in 87% of all subjects.
Conclusion: Second- eye cataract surgery showed further improvement in QoL despite better outcome of the first- eye cataract surgery. The outcome of cataract surgery conducted was relevant to the patient?s expectation.

 Metadata

No. Panggil : pdf
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: [Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia], 2013
Sumber Pengatalogan :
ISSN :
Majalah/Jurnal : Medical Journal of Indonesia
Volume : Vol. 22, No. 2, Mei 2013: 107-113
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Akses Elektronik : http://mji.ui.ac.id/v2/?page=journal.detail2&id=647
Institusi Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Fakultas Kedokteran UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
pdf TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20335451