Pelatihan komunikasi efektif untuk meningkatkan pengetahuan ibu dalam mengatasi Tantrum pada anak usia prasekolah = Effective communication training to enhance mother's knowledge to dealing with pre schooler's tantrum / Agustina Wulandari
Agustina Wulandari;
Soemiarti Patmonodewo, supervisor; Airin Yustikarini Saleh, supervisor; Eko Handayani; Efriyani Djuwita, examiner
([Publisher not identified]
, 2013)
|
Anak melakukan tantrum di Pusat Perbelanjaan atau di ruang tunggu Rumah Sakit adalah suatu pemandangan yang biasa dilihat, namun tingkah laku tantrum harus segera diatasi pada usia dini agar tidak menjadi tingkah laku yang menetap pada usia selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan pengetahuan ibu dalam mengatasi tantrum pada anak usia prasekolah sebelum dan sesudah pelatihan. Penelitian ini menggunakan desain pelatihan one group pretest posttest design. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini adalah pelatihan komunikasi efektif untuk mengatasi tantrum pada anak usia prasekolah. Materi yang diberikan dalam pelatihan ini meliputi karakteristik dan tugas perkembangan anak prasekolah, perkembangan tantrum, komunikasi efektif dan mengatasi tantrum. Setelah pelatihan dilakukan evaluasi untuk melihat manfaat pelatihan yang dirasakan oleh ibu untuk melaksanakan hasil pelatihan di rumah dan hambatan-hambatan yang dihadapi. Analisis data dalam pelatihan ini merupakan metode analisis data kuantitatif dan kualitatif dengan menggunakan paired sample t-test dan wawancara. Analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan mengenai tantrum dan komunikasi efektif untuk mengatasi anak tantrum sebelum dan setelah intervensi. Hasil analisa kualitatif dengan wawancara terhadap empat orang partisipan menunjukan bahwa semua pelatihan dirasakan sangat bermanfaat dan partisipan dapat melakukan komunikasi efektif untuk mengatasi anak tantrum. ABSTRACT Children's temper tantrum is a common behavior problem that can be seen in any place in publicservice areas such as in shopping centre, hospital, etc. However, temper tantrum should behandled in earlier age to protect children from permanent temper tantrum behavior. The objectiveof this research is to know any differences in mother's knowledge in dealing with tempertantrum in preschooler's before and after receiving the training. The design of this research isone group pretest posttest design with Effective Communication Method intervention. Themoduls of this training were including: characteristics and development task in preschoolers,temper tantrum, effective communication, and dealing with preschooler's temper tantrum. Theevaluation after the training also has been done to know the benefit of the training to participantsto implement the moduls in the real activity situations and the obstacle they found. Data analysishas been done with quantitative and qualitative data analysis by using paired sample t-test fromquestionaire and interview. The results shown there is a significantly difference before and aftertraining intervention in mothers's knowledge of how to dealing with the tantrum. The qualitativeresult shown that the training is usefull and participants can do effective communication indealing with preschooler's tantrum. |
T32535-Agustina Wulandari.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T32535 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 2013 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | unmediated ; computer |
Tipe Carrier : | volume ; online resource |
Deskripsi Fisik : | xii, 72 pages : illustration ; 28 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T32535 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20335848 |