:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Assessing the impact of net-export and other variables on employment creation in Indonesia = Meneliti damp net-ekspor dan variable lain pads penciptaan lapangan kerja di Indonesia

Hikmatul Afifah Darojah; Kiki Verico, supervisor; Prijono Tjiptoherijanto, 1948-, examiner; Telisa Aulia Falianty, examiner (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Sudah banyak studi yang meneliti dampak perdagangan internasional pada lapangan kerja, baik di negara maju maupun di negara berkembang. Hal ini karena dampak perdagangan internasional tcrhadap pekerja adalah isu sentral dalam konteks ekonomi politik internasional. Penelitian dalam konteks ini menjadi penting sejak adanya masalah besar yang berhubungan dengan PHK (Pemutusan I-Iubungan Kerja) karena adanya ekszemal shock yang dipicu oleh US sub-prime mortgage. Namun, penciitian ini tidak dimaksudkan untuk memecahkan masalah tersebut akan tetapi memberikan kontribusi terhadap kemajuan penelitian di bidang dampak ekspor terhadap penciptaan lapangan kerja di Indonesia.
Tujuan dan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak net-ekspor terhadap total lapangan kerja. Disamping itu, akan di analisa juga faktor lain yang mempengaruhi permintaan tenaga kerja di Indonesia. Faktor Iain tersebut adalah variable ekspor riil, impor riil, capital stock, upah riil dan riil PDB. Variable krisis ekonomi pada tahun 1997/1998 akan dimasukkan ke dalam model penelitian sebagai dummy variable. Periode penelitian antara tahun 1986 sampai 2007 dan menggunakan OLS multiple regression.
Hasil ekonometrika menunjukkan bahwa selama periode |986 sampai 2007, ekspor khususnya net-ekspor (ekspor dikurangi impor) mempunyai dampak yang nyata terhadap penciptaan lapangan kerja dengan tingkat elastisitas 0.03%. Variabel lain adalah upah riil dan riil PDB yang memberikan dampak positif terhadap penciptaan lapangan kerja dengan tingkat elastisitas masing-masing adalah 0.01% dan 0.28% Variable lain adalah capital stock yang ternyata tidak nyata dalarn mempengaruhi penciptaan Iapangan kerja, Di samping itu, hasil uji Chow untuk crisis ekonomi 1997/1998 sebagai dummy variable ternyata mcnunjukkan hasil yang tidak signifikan.
Studi ini menemukan bahwa selama periode penelitian peningkatan net-ekspor lebih di dominasi oleh peran sektor kapital intensive daripada sektor yang berbasis labor intensive. Dengan demikian, dalam upaya untuk menciptakan lapangan kerja, sangat penting untuk dipahami bahwa ide penciptaan lapangan kerja pada dasarnya bukan pada berapa banyak peningkatan ekspor yang dibutuhkan untuk menciptakan kesempatan kerja tapi lebih pada berapa besar elastisitas net-export terhadap penciptaan lapangan kelja.

A number of previous studies have assessed the impact of trade on employment either in developed countries or in developing countries, because the impact of trade on employment is a central issue in the context of intemational political economy. Study in this context becomes important since there is a huge problem related to jobless due to extemal shock triggering by US sub-prime mortgage. However, this study does not expect to solve the problems of rising unemployment. It aims at progressing study of the impact of trade on employment in Indonesia.
The objective of this research is to assess the impact of net-export on employment in aggregate level. Therefore, it will analyze other factors which influence demand of labor in Indonesia. Other factors which will be analyzed are variables of real exports, real imports, capital stock, real wages and real GDP. Furthermore, it will include variable of economic crisis in 1997/1998 as a dummy. The research covers period of the study during 1986 - 2007 and it uses OLS multiple regression.
Econometric model shows that in the period of 1986-2007, exports in term of net-exports (export minus import) have had significant impact on employment with elasticity of 0.03%. Other variables which give significant impact are real wages and real GDP with elasticity of 0.01% and 0.28%, respectively. Furthermore, variables capital stock is not significant in influence employment. In addition, Chow-test for dummy crisis is not significant during the period ofthe study.
This research Ends that over the period of the study rising of net-exports supported more by capital intensive sectors rather than labor intensive stmtors. Therefore, in attempt to create more employment, it is important to note that the idea of employment creation is not on the how much increase of net-export required to create jobs but on how much high elasticity of employment caused by net export.

 File Digital: 1

Shelf

 Metadata

No. Panggil : T33825
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok : Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : eng
Sumber Pengatalogan : LibUI eng rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 79 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33825 15-23-65692208 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20338744