:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Detenninan decision maker dalam pengambilan keputusan: Studi kasus Perusahaan Telekomunikasi XYZ = Decision maker detenninant in making decision: Case study Telecommunieation Company XYZ

Trijondro Baskaoro; Budi W. Soetjipto, supervisor; Albert Widjaja, examiner; Waseso Segoro, examiner (Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Pengambilan keputusan adalah salah satu tugas dari pimpinan perusahaan/ organisasi, di mana dalarn memutuskan sesuatu seorang pemimpin seyogyanya harus berdasarkan pada rasionalitasnya. Namun kenyataan berbicara lain, karena banyak hasil keputusan yang pada akhirnya berbeda dengan yang diperkirakan sebelumnya dan tentunya hal ini dilatarbelakangi oleh determinan yang mempengaruhinya. Penelitian ini mencoba untuk mempelajari determinan tersebut. yaitu LMX (Leader-Member eXchange), POS (Perceived Organizational Support), kepribadian (personality} yang berdasarkan pada Big Five Theory dan pengaruh ekstema1 (isomorphism). Unit analysis pada penelitian ini adalah suatu perusahaan operator telekomunikasi yang mempunyai wilayah cakupan nasional, dengan respondcn adalah para pejabat yang sudah sering melakukan pengambilan keputusan. Dengan model hipotesis bahwa semua determinan tersebut akan mernpengaruhi pengambilal keputusan secara positif, dan perhitungan menggunakan GLM (Generalize Linear Model), ternyata hasilnya adalah hanya determinan isomorphism yang berpengaruh secara signifikan. Dimensi yang diukur pada isomorphism adalah coercive. mimetic dan normative.
Temuan yang cukup menarik adalah determinan LMX dan POS ternyata tidak mempengaruhi pada pengambilan keputusan. Hal ini berarti kondisi organisasi yang baik dan mapan tidak mendukung dalam pengambilan keputusan. Determinan lainnya seperti personality pada dasarnya adalah mempengaruhi secara signifikan, di mana dimensi yang diukur adalah berdasarkan pada Big Five Theory7 yaitu openness, conscientiousness, extroversion, agreeableness dan neuroticism. Namun secara statistik data untuk determinan personality ini tidak reliable, Sejalan dengan itu, pangambilan keputusan yang diteliti adalah proses yang dilakukan dengan cara intuisi dan rasional. Hasil penelitian ternyata pengarnbilan keputusan secara intuisi dan rasional bukanlah suatu hal yang berlawanan, karena determinan isomorphism itu berpengaruh pada kedua cara pengambilan keputusan lersebut.

Decision making is one of the tasks of company/organization leader, where a leader in deciding for a getting a best decision result should be based on his/her rationality. In faet, there are many of the decisions are different from its expected previous1y, due to so many factors are influencing the decision. This research attempts to study the factors, i.e, LMX (Leader-Member eXchange), POS (Pereeived Organizational Support), personality which is based on the Big Five Throry and the external influence (isomorphism). Unit of analysis in this research is a telecommunications service company that has national coverage area, and the respondents are the officers who frequently making decisions. With the hypothetical model that all determinants influencing positively to decision making, with the calculation using the GLM (Generalize Linear Model) the result is only isomorphism that effect significantly. Dimensions measured on the isomorphism are coercive, mimetic and nonnative.
The findings are quite interesting, i.e. determinants of LMX and POS do not appear to influences on decision making. This means that even condition of the organization is well established but those don't support in decision making. Basically personality is essentially a significant influence, and the dimensions measured based on the Big Five Theory are openness, conscientiousness, extroversion, agreeableness and Neuroticism. Unfortunately the data personality determinant is not reliable. The decision-making process can be examined with intuition and rational way. Results of research that decision-making and rational intuition is not a case of the opposite, because this research shows that isomorphism of factors that affect the way the both decision making, i.e. intuition and rational.

 File Digital: 1

Shelf
 T21118-Trijondro Baskaoro.pdf :: Unduh

 Metadata

No. Panggil : T21118
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Program Pascasarjana Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 85 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21118 15-19-810348474 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20339815