:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis strategi manajemen aktif style rotation pada saham size dan saham value d Bursan Efek Jakarta dan pengaruh dari beberapa variavel makroekonomi

Iretanti Siswondo; Indra Wijaya, supervisor (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005)

 Abstrak

Penelitian ini mengangkat masalah aplikasi dari style rotation pada saham size dan value di Bursa Efek Jakarta dan pengaruh dari beberapa variabel makroekonomi. Studi ini merupakan pengembangan dari studi yang dilakukan oleh Levis dan Liodakis (1999) di Inggris. Studi ini bertujuan untuk membentuk portofolio yang optimal berdasarkan strategi portofolio saham size dan value di Bursa Indonesia, menghitung dan menganalisis potensi style rotation strategi pada portofolio saham size dan value, serta menguji dan menganalisis pengaruh beberapa variabel makroekonomi, serta beberapa variabel lain yaitu market return, equiry risk premium, dan one-month lagged return spread terhadap return spread dari strategi slyle rotation yang optimal. Penelitian ini diterapkan di Bursa Efek Jakarta dengan periode waktu Juli 1998 hingga Juni 2003. $ampel perusabaan adalah seluruh perusabaan yang tercatat di Bursa Efek Jakarta kecuali perusahaan yang masuk sektor perbankan, asuransi, investment frust, dan properti. Portofolio yang dibentuk adalah berjumlah 9 portofolio. Penghitungan return menggunakan simple monthly return dengan metode equal dan value-weighted return. Metode simulasi yang digunakan adalah Monte Carlo Simulation. Regresi dilakukan dengan multivariate OLS dan univariate OLS. Dengan karakteristik fundamental perusahaan yang berbeda dan memasukkan faktor biaya transaksi di dalam penghitungan dengan menggunakan timing accuracy rates dan simulasi average net annual return, dibutuhkan lebih dari 80% tingkat keakurasian dalam memprediksi arah style agar dapat memberikan hasil (return) yang optimal. Hal ini sejalan dengan hasil penelitian terdahulu, tetapi di Indonesia hampir dimungkinkan untuk mengalahkan return dari strategi pasif dan return pasar. Pada uji sensitivitas variabel makroekonomi ditemukan perbedaan, bahwa inflasi, equity risk premium, dan return pasar mempengaruhi spread return size Secara signifikan. Sedangkan, pada spread return value, variabel inflasi secara signifikan mempengaruhi spread return value.

This research has brought up the application issues of style rotation to the size and value of stocks in Jakarta Stock Exchange (JSE) and the influence from numerical macroeconomic variables. The study was more detailed elaboration of study by Levis and Liodakis from England (1999). This study was aimed to formulate an optimal solution based on size and value stocks in Indonesia stock market. This examination calculates and analyzes the potential of profitability from the style rotation strategy of size and value stocks. Also, calculating and examining the impacts of some macroeconomics variable and other variables such as market return, equity risk premium and one-month lagged return spread to the optimal style rotation strategy return spread. The research was applied on JSE in a period of time of July 1998-June 2003. The samples are the companies listed in JSE. excluded banks, insurance companies, investment trust, and property companies. The formed portfolio consists of nine single packages. The return calculation employs simple monthly return with equal- and value- weignted return. The simulation method used in tbe study was Monte Carlo Simulation, regression was done by multivariate and univariate OLS. With an different companies fundamental characteristics and transaction costs factors in the calculation by using time accuracy rates and average net annual return simulation. it was requiring more than 80% of accuracy level to predict style sign in order to give an optimal return. This study is conformed with the past study, nevertheless, it is possible to defeat return of passive strategy and market return in Indonesia. The macroeconomic variables sensitivity examination found an exception that the inflation, equity risk premium and market return effect spread return size significantly. Therefore, on spread return value, the inflation variable has an impact on spread return value significantly.

 File Digital: 1

Shelf
 T21224-Iretanti Siswondo.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T21224
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia, 2005
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 69 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T21224 15-23-44183544 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20340515