:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Hubungan Organisasi Pembelajaran dengan Pencapaian Diri berdasarkan Persepsi dan Penilaian Diri Perawat Pelaksana di RSUD Jombang = The Relationship between Learning Organization and Self Improvement based on The Perception and Self Apraisal of Staff Nurses in Jombang District General Hospital

Joko Prasetyo; Krisna Yetti, supervisor; Mustikasari, supervisor (Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Organisasi pembelajar adalah sekelompok orang secara terus menerus memperluas kemampuannya untuk menciptakan hasil yang benar-benar mereka harapkan, dimana gambaran berpikir baru dan luas dipupuk, aspirasi kolektif disepakati secara bebas, dan terus-menerus belajar bersama. Terdiri dmi dinamika pembelajaran, transfonnasi organisasi, pemberdayaan manusia, manajemen pengetahuan, aplikasi teknologi, disiplin pembelajaran, dapat mempengaruhi pencapaian Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan hubungan antara organisasi pembelajar dengan pencapaian diri berdasarkan persepsi dan penilaian diri perawat pelaksana di RSUD J ombang. Dengan menggunakan desain deskriptif korelatif melalui pendckatan crossectional. Diiaksanakan di RSUD Jombang dengan total sampel yang memenuhi kriteria inkhxsi berjumlah 228 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen lcuesioner meliputi organisasi pembelajar dan pcnilaian pencapaian diri perawat. Setelah dilakukan uji validitas dan reliabilitas dinyatakan valid (r 0,368-0,745) pada 70 butir pemyataan dan (abha cronbach 0,770). Analisis data menggunakan analisis univariat, bivariat dan multivadat. Hasil penelitian menxmjukkan perawat yang mempersepsikan organisasi pembelajar baik 56,6%, dan yang mempunyai pencapaian diri yang baik 62,7%. Disimpulkan ada hubungan antara organisasi pembelajar dengan pencapaian diri perawat pelaksana RSUD Jombang. Persepsi perawat pelaksana tentang organisasi pembelajar yang paling berhubungan adalah pemberdayaan manusia, dinamika pcmbclajaran dan manajemen pengetahuan, karakteristik perawat bukan merupakan variabel counjbunding. Disarankan untuk meningkatkan pemberdayaan dengan membentuk kclompok belaj ar, mengatur dinamika pembelajaran melalui pelatihan dan peran serta perawat pelaksana di RSUD 3ombang guna pencapaian diri yang baik.

Learning organization is a group of people who expands their capability perpetually to create their desired outcome. The learning is able to Construct their new thinking model, establish an accord of collective aspiration unreservedly, and build a leaming process group repeatedly. The learning which comprises of learning dynamic, organization transformation, empowering human resources, managing knowledge, technology application, leaming discipline could influence self achievement of nurses. The aim of this study was to describe the relationship between learning organization and self improvement based on the perception and self evaluation of staff nurses in Jombang District General Hospital. The design was a descriptive correlation with crossectional approach. The total sample which correspond to inclusion criteria was 228 nurses. The instruments ware leaming organization and self improvement questionare. The Ending indicated that 56,6% of the nurses perception of learning organization were good, and 62,7% of their improvement were excellence. lt was concluded that there was a sign.i5cance correlation between learning organization and self improvement among staff nurses in .lombang District General Hospital. The learning organization perception of them had strong relationship with learning dynamic, empowering human resources, managing knowledge, and their characteristics were not variable confounding. According to the workforce powcrfiil in Jombang District General Hospital, the manager is supposed to set up a group of leaming, organize learning dynamic through training and increase staff nurses role in order to gets their self achievement.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T34237
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 148 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34237 15-22-41310920 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20340619