Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang dengan self-efficacy terhadap motivasi berwirausaha pada mahasiswa perguruan tinggi program magister. Penelitian dilakukan pada 211 orang mahasiswa program magister manajemen dengan menggunakan model persamaan struktural. Hasil penelitan menunjukkan bahwa pengaruh langsung variabel self-efficacy terhadap variabel motivasi berwirausaha lebih kecil daripada pengaruh tidak langsug self-efficacy terhadap motivasi berwirausaha melalui variabel persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang. Hasil ini sekaligus memperkuat hasil-hasil penetitian sebelumnya bahwa persepsi terhadap kemampuan mengenali peluang sebagai faktor kognitif berperan positif dalam mempengaruhi minat seseorang untuk berwirausaha. Dengan demikian, persepsi terhadap kemarnpuan mengenali peluang lebih berperan daripada self-efficacy dalarn mendorong seseorang untuk berwirausaha. Saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah: (1) mengingat besarnya pengaruh persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang terhadap pilihan karir usaha mandiri, perlu diberikan pelatihan-pelatihan atau materi mengenai kewirausthaan di sekotah-sekolah, (2) penelitian dapat dilakukan pada mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi lain balk negeri maupun swasta, sehingga dapat diperoleh gambaran yang lebih komprehensif, (3) penelitian mengenai pengaruh kreativitas, pngetahuan sebelurnnya (prior knowledge) dan faktor kognitif seperti peran mental skema terhadap persepsi mengenai kemampuan mengenali peluang perlu dilakukan mengingat dalam penelitian ini yang diuji hanyalah kewaspadaan (allertness), (4) penelitian lanjutan mengenai hubungan yang sating mempengaruhi antara perspesi rnengenai kernampuan mengenali petuang dan self-eficacy motivasi berwirausaha dan (5) Teknik wawancara mendalarn dan focus group discussion dapat digunakan untuk melengkapi hasil penelitian, karena dalam penelitian ini kedua hal tersebut belum dilakukan. The purpose of this study is to examine the influence of perception of opportunity recognition ability and self-efficacy to entrepreneurial motivation on university students of magister program. This study administered the measure of structural equation modelling to 211 students of magister management program. Results showed that the direct influence of self-efficacy variable is smaller than the indirect influence of self-efficacy to entrepreneurial motivation through variable of perception of opportunity recognition ability. The result is strengthening the prior result that perception of opportunity recognition ability as cognitive factor had positive role in influencing people's interest to entrepreneurship. Thus, perception of opportunity recognition ability has more important role than self-efficacy in pursuing individual to become an entrepreneur. Suggestions for future research are: (1) since the important role of perception of opportunity recognition ability to entrepreneurial motivation, it is recommended to have trainings and entrepreneurial material program at schools, (2) study could be conducted on student of the other private and state universities, in order to obtained more comprehensive output, (3) it is needed to study about the role of creativity, prior knowledge and other cognitive factors such as schema mental to opportunity recognition because of the only factor of allertness that has been examined in this study, (4) further research to study mutual-relationship of perception of opportunity recognition and self-efficacy, and (5) depth interview and focus group discussion techniques could be used to add the results of this study. |