:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Rencana bisnis produk unggulan Rumah Sakit Bhakti Mulya Jakarta Barat tahun 2009

Litacha Tamlicha; Ronnie Rivany, supervisor; Wahyu Sulistiadi, examiner; Erwin, examiner; Musaida, examiner (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009)

 Abstrak

Perubahan lingkungan suatu organisasi, baik lingkungan internal maupun eksternal akan memberikan pengarub pada kinerja organisasi itu sendili Demikian pula halnya dengan Rumah Sakut Bhakti Mulya yang telah berdiri sejak tahun 1969, tidak lepas dari pengerub perubahan lingkungan yang terjadi. Dengan semakin banyaknya rumah sakit yang beroperasi di wilayah keqa Jakarta Barat membuat RS Bhakti Mulya bakan satu-satunya pilihan bagi pasien yang tinggal di wilayah Jakarta Barat dan sekelilingnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun rencana bisnis bagi sebuah prodak Wlggulan yang belum dimiliki oleh RS Bhakti Mulya, yang didasari atas sebuah analisa situasi yang menghasilkan posisi strategic RS Bhakti Mulya untuk mengbadapi kondisi persningan yang ada melalui penggunaan matriks TOWS. Dari sini kemudian dihasilkan beberapa alternative pengembangan strategi yang kemudian dilakukan proses matching dengan BCG matriks seka!igus penentuan kelayakan bagi produk yang Ielah ada dengan menggunakan matrik BCG sebagai dasar penentuan produk unggulan terpilib. Setelah dapat menentukan produk unggnlan yang layak melalui melalui pangsa pasar tertinggi yang berbanding dengan pertumbuhan pendapatan kntor tertinggi (kuadran Utanda tanya matriks BCG) maka bagian kebidanan dan kandungan terpilih sebagai bagian yang layak untuk dlkembangkan sebagai sebuah produk unggulan. Perencanaan bisnis produk unggulan ini akan memaparkan lima elemen yaitu rencana organisasi dan sumber daya manusia, rencana pemasaran, rencana keuangan sistem informasi dan risk analyais. Dimana rencana organisasi dun sumber daya menentukan posisi tim khusus produk unggulan dalam struktur organisasi RS beserta alokasi sumber daya, khususnya SDM dengan kompeteusi tertentu bagi pelayanan produk unggulan ini seperti dokter spesialis obgin, dokter spesialis anak, dan customer assistance, Rencana pemasaran Jebih kearah menentukan target pasar yang dituju, beserta sarana dan strategi pemasaran yang akan digunakan. Pada tabap rencana keuangan, ditentukan langkah .Jangklih penentuan sumber dana dan investasi proyeksi penerimaan dun biaya, dan aliran dana tunai yang akan menggambarkan tingkat keuntungan atau kerugian beserta tingkat pengembalian investasi. Talmp informasi akan menggambarkan langkab·langkab yang diperlukan bagi pengembangan sistem informasi yang terintegrasi beserta sumbar daya yang diperlukan. Penelitian ini menyamukan manajemen Rumah Sakit Bhakti Mulya untuk dapat mengaplikesikan perencanaan bisnis produk unggulan pelayanan di bagian obgin karena paling sesuai dengan kondisi ekstemal dan internal organisasi.

Environmental changes in organization, whether internally or externally, will influence the company performance. So does Bbakti Mulya Hospital that has been established since 1969, cant be free from that influenced. Many hospital in West Jakarta makes Bbakti Mulya hospital in not the only choices fur patient who lives in West Jakarta aod his surroundings. The purpose of this research is to create business plan for a produk unggulan that has not been owned by Bhukti Mulya hospital, based on sitnational analysis that produce strategic positioning of Bhukti Mulya hospital to f.ce the challenges through TOWS matrix and to asses the feasibility of the product using BCG matrix. We conclude that obgyn is feasible to be develop as produk unggulan. Business plan fur produk tmggu1an contain 5 element which are organization plan and human resources plan, marketing plan, financial plan, information system plan and risk analysis. The organizational aod human resource plan will decide the position of these team inside the organization structure and real locate the human resource within especially for gynecologist aod pediatricians. The marketing plan more focused to target market with the marketing strategy that is going to be used. The financial plan contain financial resources , projection of revenue and cost, which describe profitability or loss with investment return rate. The information plan will describe steps needed to develop information system that integrated to the hospital need. This research suggest Bbakti Mulya hospital to apply business plan for produk unggslan in obgyn department because it suitable with hospital external and internal condition.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T32499
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2009
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : x, 118 pages : illustration ; 30 cm
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T32499 15-19-464804415 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341160