:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Peningkatan kematangan karir dan motivasi belajar melalui konseling karir model Social Cognitive Career Theory: Studi kasus pada Siswa SLTA = Improving career maturity and academic motivation through career counseling using Social Cognitive Career Theory Model: A case study on High School Students

Dwita Oki P.; Gagan Hartana Tupah Brama, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Siswa SLTA sedang berada pada tahap exploratory dalam tahap perkembangan karir (super dalam Isaacson & Brown, 1997). Kurangnya bimbingan dapat berakibat pada kurangnya pengetahuan mengenai relevansi dari apa yang dipelajarinya di sekolah terhadap dunia kerja sehingga siswa menjadi tidak termotivasi untuk belajar. Peningkatan pengetahuan dan perencaan karir serta performa akademik siswa diasumsikan dapat terjadi melalui pemberian konseling karir dengan model Social Cognitive Career Yheory (SCCT). Untuk melihat peningkatan kematangan karir dan motivasi belajar siswa melalui pemberian konseling karir dengan model SCCT, peneliti merancang suatu program intervensi bagi siswa SLTA yang memiliki masalah dalam karir. Penelitian yang dilakukan menggunakan action research sebagai bentuk penelitian yang berbentuk aplikasi dan praktikal, dengan menggunakan satu orang subyek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan dalam kematangan karir dan motivasi belajar siswa dengan meningkatkan self-efficacy dan outcome expectation siswa dengan munculnya personal goal dalam akademik dan karir.

In career development stage, high school students are in exploratory stage (Super, in Isaacson & Brown, 1997) and lack of knowledge on school-career relevance might lead to decline in academic motivation. Improvement of students career knowledge and planning along with academic performance assumed to occur through career counseling with Social Cognitive Career Theory Model (SCCT). The effectiveness of career counseling with SCCT model to improve career maturity and learning motivation is shown in an intervention program implemented to high school student with career problem. Using action research design, this research takes applicative and practical outlook of the problem, using only one subject to study. Results show improvement in career maturity and academic motivation through enhancement of student self-efficacy and outcome expectation, done by setting academic and career-related personal goals.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T33269
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 71 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33269 15-19-185423725 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341575