:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Status kehamilan dan pengaruhnya terhadap perilaku perawatan kehamilan = Pregnancy intention and Its epect on prenatal care Behaviors

Sarni Maniar Berliana; Sri Murtiningsih S. Adioetomo, supervisor; Samosir, Omas Bulan, supervisor; Siregar, Sutji Rochani D., supervisor; Wendy Hartanto, examiner (Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi status kehamilan pada wanita pernah kawin dan pengaruhnya terhadap perilaku perawatan kehamilan Data yang digunakan adalah hasil Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia 2007. Analisis regresi logistik biner dengan efek random dan regresi Iogisti k biner biasa digunakan dalam studi ini.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecenderungan kehamilan yang tidak diharapkan lebih besar pada waniia yang mengandung pada umur lebih tua, berpendidikan lebih rendah, tidak memiliki otonomi dalam pemeriksaan kesehatan pribadinya, berasal dari rumah tangga menengah atau miskin, dan tinggal di perkotaan. Selain itu, terdapat perbedaan risiko kehamilan yang tidak diharapkan untuk wanita dengan karakteristik sosial-ekonomi dan demografi yang sama. Kehamilan yang tidak diharapkan memperbesar kecenderungan wanita untuk tidak memeriksakan kehamilannya pada semester pertarna kehamilan, tidak melakukan jumlah kandungan permeriksaan kehamilan sesuai anjuran program, atau tidak memeriksakan kehamilannya pada tenaga kesehatan profesiona.

This study aims to investigate fzctors aj_?%cting pregnancy intention among ever married women and their ejfects on prenatal care behavior. The data used for the analvsis is j$'om the 2007 Indonesia Demographic and Health Survey. Binary logistic regression with random-eject and ordinary logistic regression were applied in the stuafv.
The findings show that the probability of unintended pregnancy is higher among women who were pregnant at older ages, had lower education, had no autonomy in her own health care, came from poorer household and lived in urban areas. The results also show that there is correlation between unintended pregnancy risk for women with the same socioeconomics and demographic characteristics. Unintended pregnancy increased the risk that women would not use prenatal care in the first trimester, make recommended number of prenatal care visits, and receive prenatal care from professional source.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T33399
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiii, 105 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33399 15-19-195152503 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341588