:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Evaluasi buku ajar bahasa arab fakultas syari'ah

Neneng Amelia; Thoyib Ibnuzain Main, supervisor (Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Bagi pemelajar di Fakultas Syari'ah, pengetahuan dan kemahiran berbahasa Arab penting dimlliki. Dalnm hal itu, pengetahuan dan kemahiran berbahasa Arab sangat diperlukan untuk kesuksesan studi pemelajar terutama dalam pengembangan wawasan pemelajar mengenai hukum Islam. Hal tersebut dikarenakan oleh banyaknya buku acuan berbahasa Arab yang digunakan oleh pemelajar. Terlebih lagi manakala pemelajar menjalani ujian komprehensif. Mereka dituntut untuk dapat membaca dan memahami buku berbahasa Arab. Oleh karena itu, pengajaran bahasa Arab yang dilakukan harus membekali pemelajar dengan pengetahuan dan kemahiran berbahasa yang dibutuhkan.
Setiap pengajaran bahasa tentu memiliki tujuan. Demiklan pula dengan pengajaron bahasa Arab di Fakultns Syari'ah. Tujuan tersebut dijclaskan dalarn si!abus yang juga memuat pokok bahasan serta pustaka acuan yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Salah satu sarana untuk mencapai tujuan tersebut adalah penyediaan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan oleh pemelajar semester I Fakultas Syari'ah adalah al 'Arabiyah tersebut dicetak pertama kali pada tahun 1978. Pemilihan buku ajar tersebut...
Berdasarkan analisis data yang dilakukan diketahui bahwa buku ajar tersebut menekankan pada penguasaan tata bahasa Arab. Sementara itu, bahan ajar yang digunakan untuk mengembangkan pengetahuan kosakata pemelajar juga tidak dikembangkan. Selain itu, pemillhan teks yang diberikan tidak diperhatikan, buku ajar tersebut mencakup kemahiran membaca, menulis, dan berbicara. Sementara itu, kemahiran menyimak tidak tercakup dalam buku ajar inL Namun, ketiga kemahiran berbahasa yang tercakup dalam buku ajar tersebut tidak dilengkapi dengan strategi dan micro skills yang dibutuhkan. Berdasarkan hal itu, dapat diasumsikan bahwa buku ajar tersebut tidak sesuai dengan silabus pengajnran bahasa Arab Fakultas Syari'ah dan kriteria baban ajar untuk pengajatan bahasa untuk tujuan khusus. Jadi, penggunaan buku ajar tersebut harus dikaji ulang.

 File Digital: 1

Shelf
 T33672-Neneng amelia.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T33672
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 134 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33672 15-22-25807205 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341784