:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Penerapan manajemen keamanan informasi pada traffic management center Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dengan pengendalian IS027001:2005 = Information scurity management implementation at the traffic management center, Directorate of Traffic Polda Metro Jaya with ISO 27001:2005

Pungky Bhuana Santoso; Suryadi, supervisor; Suryadi, examiner; Sarlito Wirawan Sarwono, examiner; Koesparmono Irsan, examiner; H. Hadiman, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Tesis ini membahas tentaog manajemen keamanan sistem informasi yang diterapkan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya dalam melakukan pengamanan terhadap informasi pada Traffic Management Center. Adanya latar belakang kemajuan teknologi yang berkolaborasidengan perkembangan ilmu pengetahuan di bidang informasi yang sangat pesat telah melahirkan kejahatan jaringan informasi yang dikenal dengan cyber crime. Kondisi ini memberikan pemabaman bagi Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melakuken kebijakan keemanan infonnasi untuk melindungi aset-aset informasi yang dimilikinya.
Penelitian berfokus pada upaya terciptanya keamanan informasi dalam operasional Traffic Management Center Polda Metro Jaya dengan mengimplementasiken ISO 27001:2005 sebagai standar lntemasional desain keamanan informasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pendekatan yuridis manajerial untuk memahami pengelolaan organisasi dan model keamanan informasi pada Traffic Management Center Polda Metro Jaya yang dituangkan ke dalam narasi dengan cara penulisan deskriptif analitis.
Hipotesis yang dikembangkan pada tesis ini menyatakan babwa penerapan kebijakan keamanan informasi yang dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya belum optimal untuk mengamankan aset-aset informasi yang ada pada Traffic Management Center Polda Metro Jaya sehingga perlu menerapkan manajemen keamanan informasi dengan mengimplementasiken pengendalian ISO 27001:2005 untuk meminimalisir ancaman dan gangguan yang terjadi.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan menjelaskan bahwa tindakan kebijakan keamanan yang dilaksanakan oleb Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya terhadap personel, fisik bangunan dan informasi pada Traffic Managemen Center Polda Metro Jaya masih tidak optimal dan sering mengalami gangguan.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T33516
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xv, 208 pages : illustration + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33516 15-23-69217088 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341866