:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Peran pekrja masyarakat dalam pengembangan masyarakat (kasus sarjana penggerak pembanglman di perdesaan [SP-3] di Kelurahan Batu Ampar Jakarta Timur) = The role of 'communlty workers in the community development (case study: the scholar development initiator for rural areas - sarjana penggcrak pembangunan dl perdesaan [SP-3] in Batu Ampar Village, East Jakarta )

Andika Rachman; Samuel, Johannes Patricius Hanneman, supervisor; Chandra Wijaya, examiner; Sudrajad Rasid, examiner (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penelitian yang berjudul Peran Community Workers dalam Community Development (Kasus Sarjana Penggerak Pembangunan di Perdesaan [SP-3] di Kelurahan Batu Ampar Jakarta Timur) ini bertujuan untuk mendeskrlpslknn dan menganalisis mengenai peran, hambatan, dan hasil pelaksanaan program pengembangan mzsyamkat yang berorientasi pads pengembangan pendidikan anak usia din! di Kelurahan Batu Ampar oleh SP3 sebagal community worker.
Pencapaian sebuah program pengembangan masyarakat (community developmenz) dipmgaruhi oleh peran seomng community worker dalam hal ini SP3 Fenomena yang tcnjadi belakangn ini meuunjuklum lemalmya peran yang seharusnya dilakukan oleh seorang SP3. Melalui riset ini, peneiiti menganalisis peran SP3, yang dinobatkan sebagpi salah sam SP3 berprestasi tingkai nasional tahun 2009, sebagai sebuah kasus untuk melihat urgensl peran seorang SPS.
Berdasarkan hasil analisis data dan informasi yang diperoleh melalui penelitian kualitatif dengan menggunakan teori peran community worker yang dikemukakan oleh Jim Ife, diperoleh kesimpulan bahwa peran comummunity worker yang dilakukan oleh SP3 sudah sesuai sehingga mampu untuk memberikan penlbahan dalam pengembangun pendidikan anak usia Akan tetapi sebagai suatu bentuk pembeberdaayaan masyarakat belum dapat dikatakan berhasil, sebab program yang dilaksanakan belum diterminasi, sehingga belum dapat diukur tingkat keberhasilannya dalam hal memandirikan masyarakat.
Dalam rangka mengoptimalkan hasil pengembangan ke depan maka perlu kiranya dilakukan perbaikan, yaitu SP3 mampu lebih bail: Iagi memainkan peran menyadarkan masyalakat untuk mengubah frame beriikir masyarakat temang pentingnya pendldikan anak usia dii, dan melakukan peran sebagai mediator dan negosiator untuk mengatasi masalah kelompok kepentingan yang sedang terjadi.

The research, entitled The Role of Community Workers In the Comunnlty Development (Case Study: The Scholar Development initiator for Rural Areas Sarjana Penggerak Pemtbangunan di Pedesaan [SP-3] in Batu Ampar Village, East Jakarta), is aimed to describe and analyse the role, the barriers, and the result of the program as a community workers in implementing the community development program of which orientation is the development of Early Childhood Education in Batu Ampar Village.
The achievement ofa community development program is determined by the role of a community worker; in this case is the scholar development initiator or SP3. However, the phenomena which occur recently show a declining ofthe actual role of the commtmity workers. Through this research, the researcher analyses the community workers? role, who are awarded as one of the best community workers ln national level in 2009, as a case to highlight the urgency of a community worker.
Based on qualitative analysis' of data and information gathered by using the theory community Worker Role by Jim Ife, It is concluded that the role of the social worker performed by the scholar development initiator or SP3 is suflicient so that they can make changes in the development of early childhood education. Nevertheless, as a community empowerment program, it cannot be categorized as a success one, since the implemented programs have not yet terminated the level of achievement in creating an independent community cannot be measured.
In order to optimalize the outcomes ofthe development in the funme, there must be some improvements. The scholar development initiators have to play their role in awakening the community to change their paradigm about the importance of early childhood education better. They also have to develop their capacity as mediator and negotiator to overcome the problems of group interest that usually occur.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T33434
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 140 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33434 15-19-437742491 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341884