:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Gambaran respon Thematic Apperception Test (TAT) pada pelaku perselingkuhan = Thematic Apperception Test's (FAT's) respons image of Person who's engaged in extramarital relationship

Wulan Ayu Ramadhani; Sugiarti A. Musabiq, supervisor; Ina Saraswati, examiner (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran respon Thematic Apperception Test (TAT) pada pelaku perselingkuhan yang mencakup kebutuhan-kahutuhan utama, pandangan atau konflik-konflik yang dirasakan, kecemasan dan defense, terutama yang berkaitan dengan relasi interpersonal dengan lawan jenis, Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan rnenggunakan TAT sebagai alat utama dan wawancara, serta observasi. Metode anatisis hasil TAT yang digunakan adalah metode Bellak (1993). Hasil penelitian terhadap 3 orang subyek (28-42 tahun) memperlihatkan bahwa tema yang banyak muncul dalam respon adalah mengenai kekecewaan, kesedihan, serta ketidakpuasan yang dirasakan terutama kepada pasangan. Mereka memiliki pandangan yang negatif terhadap pasangan, dimana pasangan dilihat sebagai orang yang tidak dapat rnemenuhi dan memahami kebutuhan dirinya. Lingkungan dianggap sebagai tempat yang menekan, mengabaikan dirinya serta mengecewakan. Konflik yang banyak muncul adalah antara harapan dan kenyataan dimana pelaku ingin rnemenuhi kebutuhan mereka tetapi terbentur oleh situasi yang tidak memungkinkan mereka memenuhi kebutuhannya tersebut. Kebutuhan-kebutuhan yang banyak muncul adalah kebutuhan akan cinta dan kasih sayang perhatian, dan komunikasi. Ketidakmampuan untuk mengatasi konflik membuat mereka merasa tidak berdaya. Mekanisme pertahanan diri yang rnenonjol adalah rasionalisasi dan represi yang menandakan kurangnya kemampuan mereka untuk memecahkan permasalahan.

The aim of this study is to have a profile of persons who's engaged in extramarital relationships through Thematic Apperception Test (TAT) analysis. It consist their main needs) conception about the world, conflicts, anxiety dan defences especially in their relation with their spouse. This study use qualitatitative method with TAT as a main tools. The analysis of TAT use Short Fonn method from Bellak. Responses from three participants (28-42) who's engaged in extrrunarital relationship shows that dominant theme of their stories are about their dissapointment and dissatisfaction with their spouse and their life. They have a negative conceptions about the world, where spouse is seen as a person who can not fulfill and understand their needs. The world is seen as a place that ignoring, pressing, and disappointing. The main conflict is conflict between expectancy and reality, where a person who's engaged in extramarital relationships can not fulfill their needs because of the situation. They all have main needs, such as need for love, attention) and communication. Their inability to cope with the conflict create a situation that lead them to state of anxiety. They show helplessness and despair. The main defences are rationalization and repression, that show their inability to cope with the problems.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T33686
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2008
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xii, 138 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33686 15-19-712646072 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20341929