:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pendekatan terapi musik metode orff pada anak yang mengalami temper tantrum.

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Orang tua adalah orang yang bertifungsi sebagai guru pertama bagi
anak-anaknya dan mempmmyai peran yang signifikan \mtuk pembentukan
sikap, keyakinan, nilai-nilai dan tingkah laku pada anak. Bagaimana anak bermasyarakat (bersosialisasi) tergantung pada bagaimana cara orang tua mengajarkan pada anak tentang sosialisasi, apa yang dianggap orang tua sebagai hal penjng yang harus dipahami anak dan apa yang dianggap orang tua sebagai cara terbaik untuk mengarahkan perkembangan anak. Orangtua yang mengasuh secara tidak konsisten bisa menyebabkan anak mengalami temper tonirum. Anak yang terlalu dimanjakan dan selalu mendapatkan apa yang bisa tanirum ketika suatu kali permintaannya ditolak. Bagi anak yang terlalu dilindungi dan didominasi oleh orangtuanya sekali waktu
anak bisa jadi bereaksi menentang dominasi orangtua dengan perilaku
tonirum. Keadaan lain yang juga meningkatkan frekuensi temper tantrum
adalah sikap orangtua yang cendenmg mengkritik dan terlalu cerewet
Temper tantrum terbentuk secara kondisional
Anak yang mengalami masalah dalam hubungan dengan
orangtuanya, adakalanya tidak dapat menyalurkan emosinya dengan tepat,
Salah satu benmknya adalah tantrum. Ia membutuhl-can waktu yang
cenderung lama untuk dapat beradaptasi dengan lingkungannya, dan
mengalami kesulitan dalam mengeksprosikan Menghadapi masalah
seperti ini, salah satu media yang dapat dignmakan untuk mengekspresikan diri pada anak-anak adalah musik_ Secara umum, penelitian telah membuktikan bahwa musik memiliki pengaruh kuat tidak hanya pada
suasana kuat tetapi juga pada persepsi dan sikap. Kata-kata lebih mudah diingat sebagai sesuatu yang positif apabila ada musik ringan dan ceria yang sedang dimainkan, sebaliknya akan dianggap negatif apabila diiringi dengan musik yang lamban dan berat.
Terapi musik 'menawarkan konteks untuk membangun perasaan
sense-in-relationship pada anak. Tujuau utama dari terapi musik adalah
menciptakan pengalaman dalam berinteraksi, mengembangkan ekspresi
self-orher melalui keterlibatan emosional, dan meningkatkan kornunikasi.
Terapi musik memberikan dasar mengenai apa yang harus dilakukan
manusia dalam bcrinteraksi dengan orang lain, selain ilu juga menawarkan
konteks di mana motivasi dari diri dapat dikembangkau, luapan emosi dapat dialami, diekspresikan dan dibawa dalam komunikasi. Dalam penelitian
kali ini, metode terapi musik yang akan diterapkan adalah Improvisarional
Music Therapy menggunakan metode Orhl Terapi musik dengan metode
Orff adaiah suatu multi sensoris tcrapi. Terapi musik dcngan metode Orff dapat diberikan pada berbagai kasus terutama pada anak-anak yang
mcngalami gangguan Esik, mental maupmm emosional. Tcrapi musik
dcngan menggunakan metode OrH` tidak hanya menekankan pada
permainan alat, namun juga divariasikan dengan bermain irama, gerak, dan juga tepukan sehingga sesuai untuk anak-anak.
Melihat beberapa perubahan yang terjadi pada R selama rcntang
pelaksanaan terapi, dapat diprediksikan bahwa terapi musik cukup dapat
membawa pembahan perilaku pada R, terutama dalah hal menurunkan
kebiasaan ranirumnya. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka pendekatan dengan menggmakan terapi musik metode Orff ini dapat disarankan untuk
menangani individu dengan kasus temper tamtur. Pcndekatan ini akan
sangat membantu orangtua dalam menangani anaknya selain dibutuhkan
dukungan dan kerjasama antara orangtua, psikolog dan terapis sehingga
efek terapi dapat dicapai secara optimal.

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Ika Yuniar Cahyanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38502
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 47 hlm. ; 30 cm. + lmap.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38502 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342231