:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran hasil tes draw a person (DAP) pada lndividu dengan ketexgantungan heroin

Imelda Ika Dian Oriza; Elizabeth Kristi Poerwandari, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Penyalahgunaan dan ketergantungan zat di Indonesia telah berlangsung sejak awal tahun 1970. Masalah ini kian serius, tampak dari jumlah pemakainya yang kian lama kian meningkat. Selain risiko tindakan kriminalitas, gangguan ini juga membawa dampak kesehatan yang serius karena perilaku mereka yang berisiko tinggi. Di antaranya adalah berbagi jarumm suntik. Berbagi jarum suntik meningkatkan risiko penularan penyakit seperti Hepatitis C dan HIV/AIDS. Lebih daripada itu, gangguan ini menuntun pada kematian akibat kelebihan dosis.
Untuk mengenali kemungkinan seseorang terlibat penyalahgunaan obat perlu dipahami kepribadian individu yang bersangkutan. Untuk memahami dinamika kepribadian individu biasanya dilakukan pemeriksaan psikologis. Pemeriksaan psikologis biasanya dilengkapi dengan seperangkat instmmen/alat tes. Sebuah alat tes dapat membantu mengenaii karakteristik kepribadian seseorang yang mungkin menyalahgunakan zat asal ala! tes tersebut mampu membedakan individu yang ketergantungan zat dari yang tidak.
Mengingat tes DAP banyak digunnkan dalam praktek pemeriksaan psikologis, maka dipilihlah tes ini untuk membedakan individu yang ketergantungan heroin dari yang tidak, Namun, beberapa penelitian mengenai tes DAP memperoleh hasil yang kurang menyokong pemanfaaian tes DAP karena nilai validitas yang rendah. Akan tetapi disadari bahwa sifat tes DAP yang khusus, yaitu kualitatif-subyektif mungkin menyebabkan metode penelitian validasi menjadi kurang tepat.
Dalam penelitian ini kedua pendekatan kualitatif-subyektif dan kuantitatif-obyektif digabungkan. Penelitinn ini menggunakan dua kelompok subyek. Kedua kelompok itu adalah kelompok yang terdiri dari individu yang ketergantungan heroin dan kelompok yang tidak tergantung Tujuannya untuk membandingkan hasil gambar dua kelompok tersebut Teknik yang digunakan merupakan pengembangan dari teknik impresionislik-holistik. Hasil gambar dari kedua kelompok diacak dan dibagi berdasarkan kriteria pembagi yang sudah ditetapkan. Dari 21 kriteria pembagi yang diteiapkan unluk membagi selmuh subyek menjadi dua. kelompok, hanya 2 kriteria yang secara signifikan dapat membedakan antara subyek yang ketergantungan Za! dan yang lidak, yaitu dalam ha] sikap berdiri (mantap-melayang) signifikan pada l.o.s 0,05 dan kesan rnenyeluruh (aneh-wzgiar) sigfinikan pada l.o.s 0,01.
Dari aspek-aspek lain, yaitu ekspresi wajah, ukuran, gerakan, simetri, letak (kiri-kanan, atas-bawah), sikap berdiri (kaki tertutup-kaki terbuka), bentuk garis (putus-putus-kontinyu), tekanan garis (kuat-lemah, rata-tidak rata), keberadaan langan, keberadaan kaki, penyederhanaan kepala, penyederhanaan tubuh, distorsi proporsi, keberadaan gambar lain selain figur utama, tokoh identifikasi, komentar-reaksi-pertanyaan, kesesuaian usia tokoh dengan subyek tidak bisa membedakan individu yang ketergantungan heroin dad individu yang tidak ketergantungan zat.
Ada berbagai kemungkinan yang menuntun pada hasil yang kurang memuaskan ini Untuk kepentingan penelitian lanjutan meperbanyak sampel, mengontrol karakteristik sampel, terutama intelegensi, menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan karakteristik tes, memperbanyak rafer.
Berkaitan dengan hasil penelitian, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah sikap hati-hati balk dalam administrasi maupun dalam interpretasinya. Adminislrasi tes DAP sebaiknya diiaksanakan sebaik-baiknya agar mendapat hasil yang lebih komprehensiftentang individu yang membual gambar, terutama dalam hal kelengkapan gambar dengan deskripsi atau asosiasi cerita.

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Imelda Ika Dian Oriza.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38527
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : v, 77 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38527 15-20-772182511 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342295