:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Analisis diskriminan untuk prediksi prestasi belajar berdasarkan nilai sipensimaru dan nilai kelulusan SMU pada mahasiswa angkatan V-VIII Prodi Keperawatan Persahabatan Poltekkes Depkes Jakarta III

Elsa Roselina; Farida Mutiarawati Tri Agustina, supervisor (Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Belajar adalah suatu proses dimana tenjadi interaksi antara peserta didik dengan pendidik (guruatau dosen). Keberhasilan belajar bisa dikatakan tidak bisa lepas dari aspek calon mahasiswa yang berpotensi agar proses pembelajaran yang berlangsung dapat dilaksanakan secara optimal. Calon mahasiswa yang berpotensi didapatkan dari Sipcnsimann. Selain dari nilai Sipensimaru, calon mahasiswa yang berpotensi adalah calon mahasiswa yang memiiiki prestasi belajar baik semasa sekolahnya.
Penelitian ini memiliki tujuan umum yaitu didapatkazmya cara untuk memprediksi prestasi belajar mahasiswa angkatan kelima sampai dengan kedelapan di Prodi Keperawatan Persahabatan Poltekkes Depkes Jakarta HI berdasarkan nilai kelulusan SMU, nilai Matematika Sipcnsimaru, nilai IPA Sipensimaru, nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru dan nilai Bahasa Inggris Sipensimaru dengan menggunakan analisis diskximinan. Variabel-variabel prediktor yang secara signifikan membcdakan kelompok prestasi belajar mahasiswa angkatan V sampai dengan VIII di Prodi Keperawatan Persahabatan Poltekkes Depkes Jakarta III adalah Nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru, Nilai Bahasa Inggris Sipensimam, Nilai Kclulusan SMU dan Nilai IPA Sipensimaru, dimana Nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru merupakan variabel prediktor dominan.
Model diskriminan yang dapat digunakan untuk prediksi prestasi belajar adalah - 7,114 + 4,250 Nilai IPA Sipensimaru + 3,108 Nilai Bahasa Inggris Sipensimam + 2,502 Nilai Bahasa Indonesia Sipensimaru + 0,548 Nilai Kclulusan SMU, dengan batasan nilai diskriminan sebesar -3,582 x 104. Hasii validitas silang memiliki angka ketepatan prediksi sebesar 69,03%. Model diskriminan dengan batasan nilainya memiliki nilai area di bawah kurva Receiver Operator Characzeristic (ROC) sebcsar 0,795 dengan nilai p 0,000.

 File Digital: 1

Shelf
 T34500-Elsa Roselina.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T34500
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xxi, 114 pages : illustration ; 29 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34500 15-19-412080980 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342368