Tingkat aspirasi, proses belajar mengajar yang bermakna dan sikap terhadap profesi guru serta kualitas peserta PGSD di tinjau dari kompetensi profesi: studi exspost facto di IKIP Jakarta 1991-1992)
Indira Chanum;
Conny R. Semiawan, supervisor; Tanzil, Engelina Bonang, supervisor
([Publisher not identified]
, 1992)
|
ABSTRAK Penelitian ini didasari kerangka berfikir bahwapendidikan dasar merupakan aspek penting yang fundamentalbagi' 5etiap individu. Melalui pendidikan dasar inilahdi1etakan kerangka landasan daya nalar, sikap, danketrampilan subyek didik untuk mampu melanjutkan studi padatahap yang lebih tinggi ataupun terjun mengembangkanketrampilan di masyarakat. Demikian urgennya perananpendidikan dasar maka untuk menunjang keberhasilannyadiperlukan guru-guru pendidikan dasar yang berbobot dalamarti mampu menyelenggarakan prose; belajar MEDQSJBF YBWQbermutu, sehingga mampu mengembangkan semua potensi yangdimi1iki siswa.Untuk mencetak guru pendidikan dasar yang bermutu makapemerintah membuka program D II PGSD sebagai peningkatandari SPE. Paningkatan kualifikasi guru-guru sekolah dasarini mutlak perlu sejalan dengan meningkatkan fungsipendidikan dasar yang bukan lagi sekedar pendidikan yangterminal sesudah 6 tahun, melainkan merupakan bagian yangteritegrasi dengan pendidikan dasar 9 tahun. Hal ini cukupjelas dinyatakan dalam U.U. Pendidikan Nasional No: 2 Tahun1989. Untuk merealisasikan tujuan itu maka IKIP ditugasimencetak tenaga guru Sekolah Dasar melalui PVDQVBW D I1PGSD. Setelah program ini berlangsung sekitar 3 tahunpeneliti mencoba melihat bagaimana kualitas produk PGSD ini.Penelitian ini dilakukan terhadap 135 mahasiawa PGSDyang sudah menempuh praktek pangalaman lapangan (PPL)sebagai puncak pambekalan teori dan praktek keguruan diPGSD. Hasil panelitian yang ditemukan adalah sebagaiberlkut.1.Peserta PESD memiliki Tingkat Asplrasi yang cukup tinggiuntak mangadi guru. Tingkat Aspirasi ini mamilikihubungan yang positif dengan Sikap gerhadap profesi gurudan Panguasaan prestasi profesi keguruan.2. Paaerta PGSD memiliki Sikap yang pmsitif tarhadap Profesiguru, dan hal ini memiliki hubungan yang positif terhadapPanguasaanvprestasi prnfesi keguruan.3. Proses belajar mangajar yang dikembangkan di PGSDmamiliki tingkat Kebarmaknaan yang ralatif tinggi.Tingkat Habarmaknaan proses belajar mengajar di PGSD inimemiliki hubungan yang positif dengan Penguasaan prestasiprcfesi kaguruan. Kebermaknaan prose; belajar mengajarini merupakan prediktor yang paling tapat untukmempredikai varian Fenguasaan prestasi profesi keguruan.Bardasarkan haeil temuan seperti tersabut di atasmakadapat diajukan saran-saran sebagai barikut. Partama,walauaun sumbangannya kacil keberadaan tingkat aspirasimerupakan faktor yang harus diperhatikan dalam kepribadiancalon mahasiswa FGSD. Kadua, Ferlu diupayakan usaha yanglebih sarius untuk dapat lebih meningkatkan kebermaknaanproses belajar mengajar di PGSD.Kiranya juga perlu dilakukan penelitian tahap lanjutdangan memperluas jumlah sampel, manggunakan metodapengumpulan data dan analisis data yang labih canggihsaningga bisa diambil suatu generalisasi yang lebih bisa dipertanggung jawabkan. Hiranya juga perlu mamanfaatkan hasil penelitian sederhana ini sebagai bahan masukan dalam upaya meningkatkan mutu lulusan program DII PGSD |
T38218-Indira Chanum.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1992 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiii, 132 pages ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-722404020 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342389 |