ABSTRAK Pada era globalisasi atau era pasar bebas organisasi dinmtut umuk bisa berkompefisidan mempunyai daya saing Puskesmas merupakan organisasi yang memberikanpelayanan kesehatan terdepan kepada masyarakat tidak terlepas dari timtutantersebut.Pimpinan puskesmas sangat berperan dalam kemajuan organisasi, karena pelayanankesehatan yang dibelikan oleh puskesmas mcrupakan hasil keljasama antara stafbeserta pimpinan. Pimpinan puskesmas harus mampu memberikan kepuasan kepadasetiap individu dalam organisasi dan dapat menggabungkan tujuan-tujuan individumenjadi bagian dari tujuan organisasi. Pegawai atau staf yang tidak puas tidak akanmau dan mampu untuk menghasilkan suatu pekeijaan yang bcrmutu, juga tidak akanpemah mendapatkan pelanggan yang terpuaskan, sehingga pimpinan puskesmasharus bisa memberilcan dukungan fungsi~fungsi utama manajemen kepada pelanggnnintemal atau staf dan pelanggn ekstemai atau konsumen. Salah satu fungsimanajemen dalam organisasi adalah gaya Icepemimpinan dari pimpinan puskesmas.Tujuan penelitian ini adalah untuk mempcroleh gambaran pengaruh gayakepemimpinan terhadap kepuasan kcnja staf puskesmas di Kabupaten Majalengka.Penelitian ini mcnggunakan desain cross sectional dengan pendekatan lcuantitatifdengan jumlah sampel 127 staf puskesmas. Pengumpulan data dengan menggunakankuesioner yang didistribusikan kepada 127 staf puskesmas.Hasil peneiitian memperlihatkan bahwa kepuasan keija (total) staf puskesmas denganmenggunakan cuz of point median dalam menilai kepuasan kemja tertinggi azhlah50,4%. Kepuasan kelja tcrtinggi pada peniiaian kepedulian pimpinan (94,5%) danterendah pada penilaian motivasi pimpinan (S0,4%). Dari basil uji bivariat diperolehadanya hubungan yang bermakna antara gaya kepemimpinan tcrhadap kcpuasankerja staf puskesmas (p= 0,00l). Dimensi gaya kepemimpinan yang mempimyaihubungan yang bermakna terhadap kepuasan kexja adaiah dimcnsi komunikasi (p=0,00l), dimensi motivasi (p= 0,002) dan dimensi koordinasi (p= 0,002). Hanyafaktor confolmding lama keija saja yang bermakna (p=0,005) terhadap gayakepemimpinari Hasil uji statistik multivariat didapatkan faktor yang paling dominanberhubungan dcngan kepuasan kerja staf puskesmas adalah dimensi koordinasi danpimpinan (p Wald = o,005) dan nnai OR (2,95). Persepsi gaya kepemimpinan mempunyai pengaruh terhadap kepuasankerja staf, perbaikan fungsi koordinasi dad pimpinan puskesmas bisa diadopsi untukmemperbaiki gaya kepemimpinaxmya sekaligus memperbaiki organjsasi secamkeseluruhan sehingga akhirnya diperoleh kepuasan kelja staf puskesmas. ABSTRACT At globalization era or organizational free market era is claimed competition to beable to and has competitiveness. Puskesmas is organization giving health service ofthe iirst to public is not quit ofthe demandHead of puskesmas so central in organization progress, because health service givenby puslcesmas is result of cooperation between staives along with learder. Head ofpuskesmas must be able to give satisfaction to every individual in organization andcan merge purposeof individuals to become part of organization.Unsatis?ried officeror staff will not will and eble to yeild a certiiiable work, nor would have ever gotcutomer client which left nothing to be desired. So leader puskesmas should be ableto give main functions support from of management to internal cutomer client orstaff and cutomer client of extemal or consumer. One of tixnction of management inorganization is leadership style from leads' puskesmas.Purpose of this research is to obtain image of leadership style influence to jobsatisfaction of staff puskesmas in Majalengka district. this research applies designcross sectional with quantitative approach with number of sample 127 stafvespuskesmas.Result of research shows that job satisfaction total staff puskesmas by using cut ofmedian point in assessing highest job satisfaction is 50,4%. Highest job satisfactionat assessment of leader caring (94,5%) and low of motivation of leader (50,4%)From bivariatc test result is obtained existence of relationship having a meaning ofbetween leadership styles toward job satisfaction of staff puskesmas(p=0,00l). Dimension leadership style having relationship having a meaning to jobsatisfaction is communications dimension (p=0,001), motivation dimension( p=0,002) and coordination dimension ( p=0,002). Only factor counfonding having ameaning just duration of action ( p=0,005) to leadership style. Statistic test resultmultivariat yields factor that is most dominant related to job satisfaction Of staffpuskesmas is coordination dimension from leader ( p Wald = 0,005) and value OR(2,95). Perception of leadership style has influence to job satisfaction of staff; repairfunction of coordination from leader puskesmas can be adopted to improve;repairits(the leadership style is at the same time improve;repair organization as whole sothat finally is obtained job satisfaction of staipuskesmas.
|