Differential Item Functioning (DIF) berdasarkan gendermenjadi topik utama dalam penelitian terhadap tes bateraimultibakat Differential Aptitude Test (DAT). Dalam buku manualDAT edisi ke-5, (1974) disebutkan terdapat perbedaan penormaanterhadap kelompok siswa laki-laki dan siswa perempuan, terutamapada subtes penalaran mekanik. Penelitian ini dilakukanterhadap sampel siswa SMU swasta di Yogyakarta. Sampel diambildari kelas 1 dan kelas 2. Diantara 5 SMU tersebut terdapat 3sekolah khusus yaitu satu khusus siswa laki-laki pada kelas 1dan 2 khusus siswa perempuan pada kelas 2. Analisakarakteristik psikometrik secara umum dilakukan dengan Item andTest Analysis (ITEMAN). Analisa keberadaan DIF berdasarkangender menggunakan metode Item Response Theory (IRT) dengannwnghitung nilai chi-Square dan area antara dua itemkaraktheristik surve item yang sama dari kelompok yang berbeda.Software yang digunakan adalah BILOG untuk memperoleh itemparameter.Analisa terhadap keberadaan DIF berdasarkan gendermemberikan hasil positif. Indikasi paling kuat terdapat padasubtes penalaran mekanik. Hasil ini sesuai dengan apa yangdisebutkan dalam buku manual DAT edisi ke-5, (1974). Hasilpengolahan data nmnunjukkan juga item-item tidak fit terhadapdata, dan item-item yang nengandung DIF. Sejauh ini pengaruhdari kelompok sekolah khusus tersebut terhadap kelompok masingmasinq cukup besar |