ABSTRAK Semenjak pemberlakuan kurikulum 1975, sistem pendidikan danpengajaran di sekolah mengacu kepada ?Tendidikau BerdasrkanKompetensi" (PBK) atau ?Competency Based Educationi Strategipembelajaran yang dianut dalam sistem tersebut adalah ? belajartuntas? (mastery leaming), dengan kompetensi minimal, yang mengacukepada taksonomi Bloom. Optimasi strategi tersebut dilakukfm mclaluievaluasi formatjf dan evaluasi sumatif. .Berlatar taksonomi Bloom, pada penelitan ini diterapkan empatperlakuan. Pedakuan BI, yakni evaluasi formatif tertulis disusulumpan balik MULTI DIMENSI. Perlakuan B2, yaitu efvaluasi fonnatiftertulis clisusul umpan balik UNI DIMENSI (benar-sa1a.h). Perlakurrn B3,adalah eveluasi formatif tertulis tetapi TIDAK ADA umpan halik.Perlakuan B4, yakni TIDAK ADA evaluasi fonnatif tertulis dan(tergtunya juga) TIDAK ADA umpan balik.Pada setiap perlakuan di atas terdapat siswa-siswi berinteligensiICURANG (Al = < 90), siswa berinteligensi SEDANG (A?2,= 90 -110), dansiswa berinte1igensi TINGGI (A3 = > 110).Permasalahan pokok adalah ? apakah perlakuan evaluasiformatiftertulis dan umpan balik mempunyai pengaruh yang signifikan terhadapprestasi belajar kelompok siswa yang berbeda inteligensinyaUntuk menjawab pertanyaan pokok di atas, diketengahkansembilan hipotesis yakni (1) ada pengaruh perlakuan evaluasi formafiftertulis dan umpan balik yang signifikan terhadap prestasi belajarkelompok siswa yang berbeda inteligensinyag (2) umpan balik MULTIDIMENSI [Bl] memberi pengaruh paling tinggi; (3) UMPAN BALIK[B1+B2) mempunyei pengaruh lebih tinggi dari pada TANPA umpanbalik (B3+B4); (4) evaluasi formatif tertulis (BS) lebih unggul dari pada tanpa evlauasi formatif (B4); (5) ada interaksi yang signifikan evaluasi formatif tertulis dan umpan balik dengan inteligensi; [6]umpan balilc MULTI DIMENSI [Bl] lebih menguntungkan kelompoksiswa berinteligensi KURANG [A 1] dan SEDANG (AQ) dari pandakelompok siswa berinteligensi TINGGI (A3); (7) UMPAN BALIK (BU-BQ)lebih menguntungkau kelompok siswa bcriuteligensi KU RANG (A 1) danSEDANG (A2) dari pada kelompok inteligensi TINGGI (A3); (8) umpanbalik MULTI DIMENSI (Bl) membantu lebih banyak siswa mencapaikompctensi minimal 70.0% pada evaluasi sumatif; (9) UMPAN BALIK(B1+B2) membantu lebih banyak siswa mencapai kompetensi minimal70.0% pada evaluasi sumatif.Dari sembilan hipotesis penelitian, lima hipotesis cliterima yakni(1) ada pengaruh evaluasi formatif tertulis dan umpan balik terhadapprestasi belajar siswa ( hipotesis ke 1; hal. 149; 168) ; (2) umpan balikMULTI DIMENSI (B 1) memberi pengaruh optimal terhadap prestasibelajar siswa (hipotesis ke 2; hal. 15},'168) ; (3) UMPAN BALIK ( B1+B2] Iebih unggul pengaruhnya dari pada TANPA uzcnpan balik (B3+B4) (hfporesis ke 3; ha1.15s,~169; (4) umpan balik MULLT1 DIMENSImemberi manfaat lebih besar kepada kelompok siswa berinteligensiKURANG (A1) aan SEDANG (AQ) am pada kelompok siswaberinteligensi TINGGI (A3) (h)hipetensis ke 6; ha.160,'169]; (5) frekuensi siswa yang mendapat UMPAN BALIK (B\+B2) lebih banyak mencapai kompetensi minimal 70.0% padn eveduasi sumatif dari pada frekuensi siswa. yang tidak medapat umpan 'balik (B3-+B4) (hipotesi ke 9; hal. 166;17o).Dua hipotesis diterima sebagian, yakni (1) kelompok siswaberinteligensi KURAN G (A 1) dan kalompok siswa berinteligensiSEDANG (A2) , yang mendapat UMPAN BALIK (B 1+B2), mendapatmemfaat lebih besar berupe. peningkatan prestasi belajar yangsigfiniken; ternyata hanya kelompok siswa berinteligensi KURANG(Al) yang mendapat memfaat tersebut (hipotesis ke 7; hal- 1603715 (2)frekuensi siswa yang mendapat umpan balik MULTI DIMENSI (131)lebih banyak mencapai kompetensi minimal 70.0?% pada eveduasisumatif, dari pada feekuensi siswa dari perlakufm B2, Bl), B4;kenyataannya frekuensi Bl hanya mengungguli frekuensi darikelompok B4, tetapi tidak lebih banyak dari kelompok B2 dam E33(hipotesis ke 8; hal. 165,171 )Dua hipotesis ditolak yalni (1) kelompok siswa yang mengikutievaluasi formaiif tertulis (B3) mempunyai presemtasi belajar lebih. tinggi secara signifikan dari pada kelompok siswa yang TIDAK mengikutievaluasi formatif` tertulis (B4) (hipotensis ke 4; hal.152:169). (2) Ada pengaruh intereksi yang signifikan antara evaluasi formatif tertu tulis dan umpan balik dengan inteligensi terhadap prestasi belajar kelompok siswa (hipotesrls ke 5; hal. 150,169 ). Penelitian ini mengetengahkan Sejumlah saran untukDepartemen terkait dan sekolah sehubungan dengan pelaksanaan?secara murni dan konsekuen? dari sistern Pendidikcm BerdasakanKompetensi (PKB) dengan ?strategi belajar' tuntas? beracuan kriteria.Rangkuman pendapat para pakar tentang evaluasi dan umpem balikdiketengahkan juga untuk mempertinggi daya guna penelitian ini danmemperluas cakrawala pandang. Beborapa pokok terkait yang bulumdapat dihadirkan pada penelitian ini, diutarakan sebagai ve1riabelpenelitian lanjutan bagi yang berkepentingan
|