Pemberdayaan masyarakat melalui proses pengorganisasian relawan : langkah awal dalam proses pembentukan fasilitas pendidikan anak dini usia (PADU) dengan pendekatan kemitraan rumah-selkolah-komunitas pada sebuah komunitas rural di daerah Bantul
Josephine Rosa Marieta;
Cicilia Yeti Prawasti, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)
|
Kerjasama antara komunitas, sekolah dan orang tua merupakan sebuah alternatif pemecahan masalah adalah bidang pendidikan. Peran serta komunitas merupakan modal utama dalam perbaikan dunia pendidikan Indonesia,Intervensi ditujukan untuk meningkatkan peran serta komunitas, dalam hal ini adalah para relawan dalam upaya mencapai pendidikan yang berkualitas namun terjangkau bagi masyarakat pedesaan. Target intervensi adalah relawan yang memiliki perhatian mendalam tcrhadap dunia pendidikan. Kerelawanan adalah sebuah hal yang sangat penting, khususnya sebagai motor penggerak kegiatan dalam lingkungan masyarakat. Berbagai keuntungan yang dapat diambil dari kegiatan kerelawanan dan juga relawan dapat mengarnbil keuntungan non materiil dari kesertaan mereka dalam kegialan tersebut. Dengan bergabung menjadi relawan dalam sebuah kegiatan maka seorang individu dapat mcnghasilkan sesuatu yang tidak dapat dihasilkannya apabila ia hanya bekerja sendiri.Baseline study lugas akhir ini dilakukan dengan observasi, wawancara, workshop dan diskusi dalam kelompok. Teori yang mendasari teknik intervensi yang digunal |
T-PDF Josephine Rosa Marieta.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T38577 |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Penerbitan : | Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xi, 108 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38577 | 15-19-565874583 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342561 |