:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pemberdayaan masyarakat melalui proses pengorganisasian relawan : langkah awal dalam proses pembentukan fasilitas pendidikan anak dini usia (PADU) dengan pendekatan kemitraan rumah-selkolah-komunitas pada sebuah komunitas rural di daerah Bantul

Josephine Rosa Marieta; Cicilia Yeti Prawasti, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Kerjasama antara komunitas, sekolah dan orang tua merupakan sebuah alternatif pemecahan masalah adalah bidang pendidikan. Peran serta komunitas merupakan modal utama dalam perbaikan dunia pendidikan Indonesia,Intervensi ditujukan untuk meningkatkan peran serta komunitas, dalam hal ini adalah para relawan dalam upaya mencapai pendidikan yang berkualitas namun terjangkau bagi masyarakat pedesaan. Target intervensi adalah relawan yang memiliki perhatian mendalam tcrhadap dunia pendidikan. Kerelawanan adalah sebuah hal yang sangat penting, khususnya sebagai motor penggerak kegiatan dalam lingkungan masyarakat. Berbagai keuntungan yang dapat diambil dari kegiatan kerelawanan dan juga relawan dapat mengarnbil keuntungan non materiil dari kesertaan mereka dalam kegialan tersebut. Dengan bergabung menjadi relawan dalam sebuah kegiatan maka seorang individu dapat mcnghasilkan sesuatu yang tidak dapat dihasilkannya apabila ia hanya bekerja sendiri.
Baseline study lugas akhir ini dilakukan dengan observasi, wawancara, workshop dan diskusi dalam kelompok. Teori yang mendasari teknik intervensi yang digunal
Hasil dari intervensi tersebut adalah terbentuknya sebuah forum kerja relawan yang memiliki komitmen tcrhadap masalah pendidikan dan memiliki kapasitas maupun ketrampilan yang dibutuhkan untuk menangani permasalahan pendidikan usia dini bagi daerah tersebut. Keunikan dari kegiatan ini adalah relawan yang secara teoritorial tidak tinggal di komunitas tersebut namun dianggap sebagai bagian dari komunitas karena memiliki ide yang sama dengan komunitas. Dalam hal ini adalah sebuah komitmen untuk mencari jalan keluar dari permasalahan pendidikan yang ada di komunitas. Melalui tahapan-tahapan intervensi maka timbul kcbersamaan antara relawan dan komunitas lokal.
Untuk tahapan selanjutnya, maka penulis menyarankan untuk merealisasikan kegiatan tersebut dalam kegiatan pendidikan secara langsung, memberikan pembekalan secara multidisplin bagi relawan, dan juga meningkatkan senantias meningkatkan proses ?sharing? baik dalarn hal resources maupun dalam hal akuntabilitas program.

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Josephine Rosa Marieta.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38577
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 108 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38577 15-19-565874583 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342561