:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Pengembangan model pemasaran terpadu rumah sakit di Jakarta

Winardini; Wiku Bakti Bawono Adisasmito, supervisor; Amila Megraini, examiner; Wahyu Sulistiadi, examiner; Yuli Prapancha Satar, examiner (Universitas Indonesia, 2007)

 Abstrak

Dalam rancangan Sistem Kesehatan Daerah, Pemcrintah DKI Jakarta akan mengembangkan pcmasaran bersama 107 rumah sakit. Dengan banyaknya pepelitian mahasiswa FKM UI tentang topik pemasaran, diharapkan bahwa suatu systematic review slcripsi dan tesis mahasiswa FKM UI dapat memberikan gambaran segmentasi pelanggan dan bauran pemasaran rumah sakit di Jakarta. Gambaran ini akan menjadi dasar pengembangan suatu model pemasaran terpadu rumah sakit di Jakarta. Dilakukan suatu exploratory research dcngan systematic review penelitian mahasiswa dan wawancara dengan praktisi rumah sakit untuk mendapatkan kajian tentang segmentasi pclanggan dan bauran pcmasaran rumah sakit socara individual.
Data didapalkan dari pcnclitian mahasiswa dengan topik pemasaran di FKMUI. Penelusuran skripsi dan tesis dilakukan melalui oniine catalog di Perpustakaan FKMUI, tahun pembuatan 2001-2006, dengan keyword analisis kepuasan pelanggan, analisis segmentasi, bauran pemasaran atau rencana strategis. Didapatkan 47 tesis dan 2 skripsi sesuai kriteria inklusi dan eksklusi. Dilakukan analisis terhadap IO tesis dan 2 slcripsi, baik dari kualitas data juga dari kesamaan segmentasi pelanggan dan bauran pemasaran rumah sakit.
Dari 12 penelitian, didapalkan variasi kedalaman isi dengan 3 penelitian yang paling komprehensifl Dari kajian lentang kesamaan segmentasi pelanggan pcianggan rumah sakit, didapatkan bahwa faktor ulama pemilihan rumah sakit adalah taktor kedekatan lokasi rumah sakit dengan tempat tjnggal pelanggan. Didapatkan dari kajian tentang bauran pemasaran rumah sakit bahwa sebagian besar rumah sakit terletak di lokasi yang saling berdekatan dan memberikan produk layanan yang sama. Juga ditemukan bahwa ovganisasi pemasaran rumah sakit sebagian besar tidak adckuat.
Model pemasaran terpadu rumah sakit tidak dapat dikembangkan berdasarkan penelitian ini atas dasar; pertama, data hanya mewakili 11% dari total jumlah rumah sakit di Jakarta dengan 3 penelitian yang paling komprehensiti Kedua, dari analisis segrnentasi didapatkan bahwa pelanggan memilih rumah sakit yang terdekat dengan tempat tinggal mereka, Hal yang mendukung pemasaran terpadu rumah sakit adalah sebagian bcsar rumah sakit dalam penelitian ini tidalc berorientasi pada pelanggan.
Model awal yang dapat dikembangkan dari ketersediaan data adalah model sistem informasi pcmasaran terpadu, sebuah media informasi layanan rumah mldt yang rinci berbasis sms. Media infonnasi lain berupa website dan media cetak dilengkapi dcngan nomor telepon hotline bebas pulsa untuk mcngakornodasi kebutuhan pasien yang bersifat gawat damrat.

 File Digital: 1

Shelf
 T34539-Winardini.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T34539
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Universitas Indonesia, 2007
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xvii, 109 pages : illustration ; 28 cm + appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T34539 15-19-033659804 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342679