Penelitian ini berawal dari pemikiran langkanya basil ekspresi anak dalambentuk karya lukis anak. Padahal menggambar dan melukis seharusnya menjadi saranaanak-anak mewujudkan ekspresinya. Melalui gambar lukisan anak merefleksikankemampuan intelektual, perkembangan fisik, persepsi, kreativitas, kepekaan estetiksdan perkembangan sosialnya.Melalui kajian teoritis tentang keberhasilan berekspresi dalam benhrk katyalukis anak, diperoleh veriabel yang diperkitakan mempengarnhi keberhasilanberekspresi, yaitu kreativitas, berga diri dan prodaktivitas. Unhrk itu diajukan empathipotesis peoalitian yang hams diuji kebenara.naya, hipotesis ten;ebut adalah :L Ada hubungan yang positif dan siguifikan antara kreativitas dan keberhasiianberekspresi dalam benhrk katya seni lukis anak.2. Ada hubungan yang positif dan signifikan antara harga diri dan keberbasilandalam bentuk katya seni lukis anak.3. Ada hubungan yang positif dan signifikan antam harga diri dan keberbasilanberekspresi dalam benhrk katya seni lukis anak4. Vatiabel kreativitas memberi pengarub lebih besar terhadap keberbasilamberekspresi dibandingkan dengan variable berga diri dan produktivitas.Penelitian ini melibetkan siswa kelas N, V dan VI Sekolah Dasar AmitayusJl. Sekolah no 6 Jelambar, Jakarta Barat yang mendapat bimbingan khusus Kak Alexdalam melukis dan menggambar, dan anak-anak yang menjadi anggota sanggar D&PJl. Bintaro Tengah Raya TI/52 Bintaro, Jakarta Sclatan.Sampel penelitian adalah anak-anak yang telah memperoleh penghargaan dalamIomba gambar/lukis anak, dan mereka yang pemah mengikuti pameran lukis/ gambarsejakbulan Juni 1999- Juni 2000.Untuk mengukur kreativitas, harga diri dan prodnktivitas dignnakan inslrumen yangdisusun sendiri oleh penulis, yang sebelum digunakan telah diuji coba terlebib dahuluterbadap 33 orang anak.Dari basil analisis dengan menggunakan Product Moment Person diperoleh infonnasibahwa Kreativitas mempunyai hubungan yang kuat dan signifikan dengankeberhasilan berekspresi (r = 0.698 dengan p = 0.000). Hasil penelitian inimenunjukkan mesltipun pada usia sekolah dasar (7-12 tahun) anak-anak mergalamipenurunan kreativitas (creativity drop), tetapi diperoleh data bahwa ada hubunganyang kuat dan signifikan antara kreativitas dan keberbasilan berekspresi dalam bentukkarya seni lukis anak. Dengan demikian hipotesis pertama diterima.Selanjutnya hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Harga diri mempunyai hubunganyang bermakna dengan keberbasilan berekspresi (r = 0.717 dengan p = 000).Harga diri sangnt mempengaruhi sikap dan tindakan seseorang baik terhadap upayapeningkatm kernampuan diri sendiri maupnn peningkatan peadayagunaan lingkungandisekitarnya. Dengan demikian hipotesis kedua diterima.Pada penelitian ini diperoleh pula informasi bahwa produktivitas teroyata tidakmempunyai hubungan yang bennakua dengan keberbasilan berekspresi (r = -0.193dengan p = 0.083) Hal ini tidak sesusi dengan pendapat Ovirk dkk (1976) yaogmenyatakan bahwa kemampuan menciptakan produk seni didulrung oleh faktorkemampuan estetika, ketmmpilan alas material dan penguasaan prinsip seni (lnkis).Dengan demukian hipotesis kretiga ditolak.Hipotesis 4 berbunyi :"Variabel kreativitas memberi pengarub yang lebih besardibandingkan dengan variabel barga diri dan variebel produktivitas. setelah dilakuksnuji dengan menggunakan multipel regresi diperoleh data signifikansi p = 0.028. Angkasignifikansi dari variabel kreativitas lebih besar dibandiogkao dengan variabel bargndiri p = 0.006 yang berarti hipotesis 4 ditolak.Berdasarkan basil-basil penelitian, kesimpulan dan diskusi dapat diajukansaran -saran yang diberikan berkaitan dengan :L Sarnpel PenelitianDalam rnenentukan sampel headaknya diusahakan diwakili oleh lebih banyakmurid dari be:rbagai sanggar dan dalarn jumlah yang lebih besar agar diperolehsarnpel yang lebih bersifat heterogein2. Alat yang dipakai dalam penelitianAlat ukur ini merupakan alat ukur yang disusun sendiri oleh penulis dan barnpertama kali digunakan kiranya perlu dikembangkan jumlah butir pernyataanagar diperoleh data yang lebih terperinci dan perbaikan-perbaikan padabeberapa item pernyataan dalam alat ukur tersebut3. Variabel Penelitiana. Mengingat banya 54.1% varian yang dapat dijelaskan dalam variabelpenelitian ini sedangkan 46.9% lainnya merupakan sumbangan darivariabel diluar penelitian muka diperlukan adanya penelitian yanglebih mendalam dengan menambabkan variabel-variabel lain yangdianggap memiliki hubungan dengan keberhasilan berekspresi.b. Data yang digunukan untuk variabel keberhasilan berekspresisebaiknya data primer. |