Pendidikan mltikultur dengan pendekatan dekategorisasi untuk meningkatkan toleransi siswa SLTP terhadap outgroup
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)
|
Bangsa Indonesia dikenal akan keragaman budayanya. Keragaman inimenuntut adanya perhatian yang sungguh-sungguh untuk membangunpemahaman antar budaya. Pendidikan multikultur sebagai sebuah upayaterstruktur yang dirancang untuk memahami, menerima dan membangunhubungan yang konstruktif dengan orang atau kelompok yang berasal dari kultur lain (Hoopes dan Pusch, 2000) menjadi hal yang penting untuk dilakukan.Manusia memiliki kecenderungan untuk mengkategorisasi ingroup-outgroup secara kaku berdasarkan satu dimensi sudut pandang. Keadaan ini dapatmendorong pada sikap yang tidak toleran terhadap outgroup. Untuk membangun sikap yang lebih toleran perlu diarahkan pada proses dekategorisasi dengan membangun kesadaran untuk mereferensikan diri pada multi identitas (Brewer dalam Oskamp, 2000).Intervensi yang dilakukan dalam bentuk pelatihan bertujuan untukmeningkatkan toleransi siswa SLTP terhadap outgroup dalam ketiga aspektoleransi, yaitu respect dan appreciate, accept sena empathy. Modul pelatihandidasarkan pada aspek-aspek pendidikan multikultur yang menitikberatkan pada pendekatan dekategorisasi dengan memberikan pemahaman tentang persepsi,memampukan siswa untuk menganalisis diri, kebutuhan dan strategi kelompok lain dalam sessi Cultural SGMAWGVEHCSS. Tahap selanjutnya adalah mengenali nilai-nilai yang dianut serta relatifitasnya terhadap nilai lain dalam sessi Value.Serta pembekalan ketrampilan berkomunikasi dengan orang lain dalam sessi komunikasi.Meskipun evaluasi secara kuantitatif terhadap pre dan post test dengan uji t pada los 0,05 tidak menunjukkan hasil yang signifikan, tetapi evaluasi kualitatif,evaluasi materi dan umpan balik peserta menunjukkan adanya prosesdekategorisasi yang mengarahkan subyek pada kecenderungan sikap yang lebih loleran. |
![]()
|
No. Panggil : | T38476 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xii, 71 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38476 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342703 |