ABSTRAK Untuk menghadapi persaingan yang semakin bcmt, scbuah rumah sakit harusdapat mencmpatkan oricntasi kepuasan sebagai tujuan utama. Dengan demikiankinerja karyawan rumah sakit harus diperhatikan, tcrutama mengenai motivasi dankepuasan kerja karyawan. Karena dcngan adanya motivasi kelja dan kepuasan makakaryawan dapal bekerja dengan optimal. Dalam hal ini kebutuhan karyawan jugamerupakan perhatian yang panting bagi manajemen rumah sakit dikarenakan adanyaketerkaitan yang erat antara karyawan dengan kemajuan rumah sakit,_ RSMH. Thamrin Cileungsi belum melakukan pengukuran mcngcnai motivasidan kepuasan kenja karyawan sebelumnya. Olch karena itu masalah penelitian dalamtesis ini adalah belum pemah adanya pengukuran mengenai motivasi dengankepuasan kerja karyawan baik itu karyawan paramedis dan non medis terhadapmanqiemen rumah sakit. Penclitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jeniskelamin, usia, pcndidikan dengan motivasi kcria karyawan dun juga huhunganmotivasi dengan kepuasan kerja karyawan paramedis dan non medis di RS. MH.Tharnrin Cileungsi.Pcnclitian ini menggunakan metode cross sectional dengan pendekatankuantitatif dan menggunakan analisis korelatif yang dirancang untuk mengukurhubungan antara seluruh variabcl bcbas dengan variabel terikat, dengan sampel 202orang karyawan, terdiri dari 102 karyawan paramedis dan I00 karyawan non medis.I-lasi! penelitian menemukan bahwa pada karyawan paramcdis maupun nonmedis terdapal hubungan yang bcrrnakna antara jcnis kelamin dcngan motivasikaryawan yang meliputi kebutuhan rasa aman pada karyawan paramedis sedangkanpada karyawan non medis meliputi kcbutuhan iisioiogis. Terdapat hubungan yangbermakna antara usia dengan motivasi karyawan yang meliputi kebutuhan fisiologis,kebutuhan sosialisasi, dan kebutuhan penghargaan pada karyawan paramedis, sedangkan karyawan non mcdis mclipuli kcbutuhan sosialisasi, kcbuluhanpenghargaan, dan kebutuhan aktualisasi. .luga terdapal hubungan yang bermaknaantara pendidikan dengan motivasi karyawan paramedis yang meliputi kcbutuhanrasa aman, kebutuhan sosialisasi, dan kcbutuhan pcnglmargaun. Namun lidak tcrdaputhubungan yang bemxakna antara pendidikan dengan motivasi karyawan non medis.Serta di dapat adanya hubungan yang bermakna antara motivasi dengzm kepuasankaryawan paramedis maupun non mcdis yang meliputi kebutuhan iisiologis,kcbuluhan rasa aman, dan kebutuhan akan penghargaan. Dengan pcngujian rcgrcsilogistik didapat tingkat pendidikan dan kebutuhan fisiologis yang mcmiliki hubunganpaling bermakna dengan kepuasan karyawan paramedis. Sedangkan Denganpcngujian regresi logistik didapat usia dan kebuluhan rasa aman yang memilikihubungan paling bermakna dengan kcpuasan karyawan non mcdis.Untuk manajemen rumah sakit perlu lebih memperhatikan hal-hal yangberkenaan dengan motivasi dan kepuasan karyawan paramedis maupun non medis,diantaranya yaitu dengan sistcm kompensasi yang sesuai dengan penclidikan danbcban kezja, adanya insentiil bonus, jaminan kesehatan dan keselamatan keqia (aslek,jamsostek, dll), dan lain sebagainya. Kenyamanan karyawan dalam bekerja _iugaharus diperhatikan dengan mcnjaga kondisi fisik rumah sakit dan menghindari adanyakecelakaan kerja di RS, selain ilu perlu adanya bus karyawan unluk karyawan yangtempat tinggalnya jauh dari RS. Ada baiknya manajemen rumah sakir mulaimemperhatikan prestasi karyawan paramcdis maupun non medis dengan memberikanmcreka penghargaan selayak-layaknya seperti berupa piagam, surat rekomendasi,ataupun sekedar cindcra mata.Pihak manajemen perlu lebih memperhatikan karyawan paramedis dankaryawan non medis, terlebih karyawan paramedis yang pada umumnya seringberhubungan Iangsung dengan pasien. Agar tidak texjadi kesenjangan antarakaryawan paramcdis dan non medis, maka pihak manajemen selayaknya dapatbersikap adil dan bijak tanpa membedakan status kepegawaian karyawan. ABSTRACT To face a more complicated competition, a hospital must place satisfactionorientation as main purpose. Thus, hospital employees` performance had to be paidattention, especially toward motivation and employees work satisfaction. Becausework motivation and satisfaction so employees could work optimally. Employeesneeds also become important focus for hospital management because ol' close relationbetween employees and hospital progress.MH. Thamrin Hospital Cileungsi not yet performed measurement towardemployees? motivation and satisfaction. Therefore, research problems in this thesis isnever exist an assessment toward motivation with employees work satisfactionwhether paramedic and non-medic employees concerning hospital management. Thisresearch was aim to identify reiation of gender, age, education with work motivationand relation motivation with work satisfaction of paramedic and non-medicemployees in M.H. Thamrin Hospital Cileungsi. This research is using cross sectional method with quantitative method andusing correlative analysis that designed to assess relation between whole dcpcndcntvariables and bond variables, with 202 employees as samples, consist of` l02paramedic and 100 non-medic employees in M.H. Thamrin Hospital Cileungsi.Research result obtained that whether paramedic or non-medic employees gotsignificant relation between gender and employees motivation including salety needson paramedic employees while on non-medic employees including physiology needs.Obtained significant relation between ages with employees? motivation includingphysiology needs, socialization needs, and appreciation needs on paramedicemployees. while non-medic employees including socialization needs, appreciationneeds and actualization needs. Also obtained significant relation between cducationswith paramedic employees? motivation, which including safety needs, socializationneeds and appreciation needs. However, there are no significant relations betweeneducation and non-medic employees? motivation. Also obtained significant relationbetween paramedic employees motivation and non-medic employees satisfaction,which including physiology needs, safety need and appreciation needs. By logisticregression test obtained education level and physiology needs, that has the mostsignificant relation with paramedic employees? satisfaction. While, according logisticregression obtained age and safety needs as the most significant relation of non-medicemployees? satisfaction.Hospital management need to conccm items that related with motivation andparamedic and non-medic employees? satisfaction, one of them is compensationsystem that appropriate with education and work responsibility, incentive, bonus,health guarantee and work safety (astclejamsostelt, etc), etc. Employees comlbrtablein working also focused by maintaining hospital physical condition and avoidingwork accident in hospital, besides needed employees bus for employees who live farfrom hospital. lt is beneficial if hospital management staned to concem paramedicand non-medic employees? achievement by giving them reward such as deed.recommendation letter, or souvenirs. Management need focused to paramedic employees and non-»medicemployees, moreover paramedic employees that generally directly related withpatient. So that there is no gap between paramedic and non-medic employees, thusmanagement should acl fair and wise without altering employees status.
|