:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Autism pada Twins (Studi Kasus pada Satu Pasang Anak Kembar yang Mengalami Autistic Disorder)

Eko Handayani; Dini P. Daengsari, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Autism adalah suatu gangguan perkembangan yang muncul di awal kehidupan
seorang anak, yang dilandai oleh ketidakmampuan untuk berhubungan dengan orang lain,
masalah dalam hal komunikasi, dan adanya pola tingkah |aku tertentu yang diulang-ulang.
Saal ini angka kejadian autism semakin banyak. Beberapa ahli meyakini bahwa
autism berhubungan dengan faktor genetik. Orangtua yang memiliki anak autism mempunyai
kemungkinan besar untuk kembali memiliki anak autism, Kemungkinan ini juga a.kan menjadi
semakiri besar bila orangtua memiliki anak kembar (penelitian Greenberg & Gillberg dalam www.news bbc.co.uk, 2002.
Penelitian ini mencoba untuk melihat gambaran kejadian autism pada anak kembar,
bagaimanakah sejarah pcrkembangan mereka, apakah ada hal yang unik pada kasus ini,
mclihal bahwa kedua anak berasal da.ri ibu yang sama, tumbuh dan berkembang dalam
lingkungan yang sama pula. Selain itu juga akan dilihat faktor-faktor apa yang berperan
dalam perkembangan tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitalif dengan memakai
teknik wawancara dan observasi sebagai metode ongumpulan data. Subyek penelitian adalah
anak kembar yang keduanya telah didiagnosa autism oleh seorang professional alau lebih.
Hail penelitin menunjukkan bahwa meskipun pada awalnya kedua anak
berkembang normal, namun mulai usia 11bulan, mereka menunjukkan gejiala-gejala autism seperti lidak peduli pada lingkungan, tidak tcrtarik pada permainan, perilaku hipcraktifilas,
dan adanya keirlambatan pada perkembangan bahasa. Selanjutnya tampaklah bahwa mereka
mengalami keterlarnbalan perkembangan dibandingkan dengan anak seusianya., temlama pada
aspek mental dan psikososial, sementara aspek iisik berkembang dengan lidak seimbang.
Berdasarkan hasil penelitian maka kesimpulan yang dapal diambil ialah bahwa
kemajuan dan perkembangan anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu faktor dari dalam
diri anak (inteligensi dan kepribadian), pengobalan, pengajaranfterapi yang intensif dan
terstuktur, serla intervensi dan keterlibatan orangtua/saudara kandung di rumah yang
menarik pada kasus autism anak kembar ialah bahwa kebersamaan mereka kemungkinan
besar membawa pcngaruh yang kurang baik bagi perkembangan, dimana mereka dapal
meniru yang dilakukan saudara kembarnya.
Untuk membantu perkembangan mereka, pelibalan saudara sekandung alau anakanak
yang normal serta memisahkan dari saudara kembar yang juga autism dapat menjadi
pertimbangan, melihat bahwa anak autism memiliki kemampuan meniru yang baik.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Eko Handayani.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 87 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-96582992 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342907