:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan antara Motivasi Belajar dan Persepsi tentang Dukungan Orang Tua terhadap Prestasi Akademis pada Siswa Penyandang Tunarungu

Elizabeth L Tanty; Conny R. Semiawan, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Ketunarunguan adalah kecacatan yang disebabkan oleh kurang
rnaksimalnya fungsi organ pendengaran (Mittler, 1987)- Masalah utama
ketunarunguan terlctak pada ketidakmampuan dalarn mclakukan korrumikasi yang
berdampak pada ketrampilan berbahasa, kemampuan menulis, penyesuaian sosial,
prestasi akademis, serta aspek perkembangan dan kehidupan. Kendala komunikasi
ini berpangkal dari kesulitan para penyandang tunarungu dalam menyampaikan
pikiran, perasaan, gagasan, kebutuhan, dan kehendak mereka. Selain sulit bagi
orang lain untuk mengerti, mereka juga sukar untuk memahami orang lain
sehingga timbul perasaan terkucil atau terisolasi dari lingkungan sosial mereka
(Mangunsong, 1998). Oleh karena itu, seorang penyandang tunarungu perlu
dilihat sebagai pribadi yan memiliki berbagai kemampuan serta keiidakmampuan
secara bersamaan. Setelah itu, kelebihan yang dimiliki perlu dikembangkan dan
diangkat menjadi suatu andalan (Semiawan, 2002).
Penelitian ini dilakukan untuk menjawab perrmasalahan yang timbul dengan
menguji 3 hipotesis menggunakan metode korelasi. Tujuan penelitian adalah untuk
mengetahui hubungan antara motivasi belajar dan persepsi tentang dukungan
orangtua baik secara masing-masing maupun bersamaan terhadap prestasi
akademis siswa penyandang tunarungu di SLTPLB. Sampel
penelitian adalah siswa SLTPLB bagian B Santi Rama sehanyak 49
orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga hipotesis diterima, yaitu
ada hubungan yang positif dan signiflkan antara motivasi belajar dan persepsi
tentang dulcungan orangtua secara sendiri-sendiri rnaupun bersamaan terhadap
prestasi akademis siswa penyandang tunarungu. Hal ini berarti hasil penelitian
menunjukkan bahwa biia motivasi belajar dan dukungan orangtua pada siswa
penyandang tunarungu semakin besar baik secara sendiri-sendiri maupun
bersamaan, maka prestasi akademis yang diperoleh akan semakin meningkat.
Akan tetapi, hubungan antara dukungan orangtua dan prestasi akademis temyata
Iebih kuat dibandingkan hubungan antara motivasi belajar dan prestasi akademis.
Kesimpulan penelitian adalah dukungan orangtua manpunyai konlribusi
Yang besar bagi keberhasilanan siswa penyandang tunarungu di sekolah, karena
mereka sangat membutuhkan dukungan dari lirngkungan sekitar terutama dari
orangtua dalam mengatasi kendala komunikasi sebagai sarana pencrimaan dan
pengakuan eksiqnsi dalam pergaulan. Pembabasan kesimpulan diuraikan dalam
diskusi dan implikasi penelitian, kemudian dikemukakan beberapa saran praktis
yang diharapkan dapat bermanfaat,
agar tumbuh konsep diri yang realistik dan mampu mewujudkan kehidupan yang
dicita-citakan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Elizabeth L Tanty.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 123 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-31408355 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342908