:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Penanganan Autisme melalui Terapi Sensory Integration dan Pendekatan yang Mendukung (Studi Kasus pada Anak Penyandang Autisme Ringan Selama Tiga Bulan)

Fabiola Priscilla Harlimsyah; Rini Hildayani, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemajuan yang
dicapai oleh seorang anak penyandang autisme ringan melalui penerapan terapi
sensory integration selama tiga bulan. Selain itu, penulisan tugas akhir ini juga
bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa yang mendukung keberhasilan terapi.
Penelitian ini melibatkan seorang anak penyandang autisme ringan yang
diambil secara purposif dengan menggunakan pendekatan lcualitatif berupa
studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara
mendalam.
Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat kemajuan dalam aspek
komunikasi, interaksi, dan emosi pada diri subjek setelah menerapkan terapi
sensory integration secara efektif selama tiga bulan.
Hal ini disebabkan oleh pelakmnaan sesi terapi yang cukup rutin juga
keterlibatan keluarga subjek untuk melakukan berbagai aktivitas dan
pendekatan yang mendukung terapi. Berbagai aktivitas yang rnendukung terapi
seperti hiking, berkuda, dan renang dapat memberikan input-input sensorik
yang dibutuhkan subjek. Pendekatan visual support yang ditaerapkan terhadap
subjek memudahkannya untuk berkomunikasi melalui gambar. Interaksi antara
subjek dengan lbu juga lebih berkembang dengan penerapan prinsip floor Iime,
meskipun belum diterapkan secara optimal.
Selain beberapa faktor yang mendukung, tenrdapat juga beberapa kondisi
yang dapat menghambat terapi, antara lain kondisi Kendala maupun
kemajuan yang clialami oleh subjek dapat dipengaruhi oleh berbagai hal yang
belnm banyak tergali dalan waktu yang singkat.
Untuk itu, penelitian serupa hendaknya dapat dilakukan dalam jangka
waktu yang lebih lama. Dengan demikian, kita dapat memperoleh gambaran
yang lebih baik mengenai kemajuan maupun informasi tambahan dari
penerapan terapi sensory integration pada anak penyandang autis ringan.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Fabiola Priscilla Harlimsyah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xi, 68 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-77666638 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342922