:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran strategi pendekatan kontekstual pada mata pelajaran PPKn Siswa Kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar (Studi kasus terhadap Guru SD Tarakanita III)

Siagian, Gloria M. U.; Puji L. Prianto, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Tidak dapat dipungkiri bahwa saat ini pendidikan nilai menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan. Adanya globalisasi mengakibaikan banyak sekali pembahan dan pergeseran dalam hidup sehingga membentuk manusia yang memiliki nilai-nilai kehidupan yang posilif menjadi sebuah kebutuhan. Hal ini terjadi karena nilai dipandang sebagai sebuah panduan yang digunakan oleh seseorang dalam berperilaku di kehidupannya sehari- hari. Oleh karenanya, Depdiknas melalui mata pelajamn PPKn berusaha untuk membantu mempersiapkan manusia yang memiliki nilai-nilai kehidupan positif sejak dini.
PPKn merupakan salah satu mata pelajaran yang digunakan oleh Depdiknas untuk mengajarkan nilai di sekolah. Pendekatan belajar yang digrmakan dalam pelajaran ini merupakan pendekatan kontekslual yaitu dimana seorang siswa belajar melalui pennasalah-pennasalahan yang ada di kehidupan sehari-hari (woolfolk, 1998). Melalui pendekatan ini diharapkan nantinya siswa menjadi mampu untuk menerapl-can pengetahuan yang didapamya dad sekolah ke dalam kehidupan sehari-hari sehingga nilai yang dimilikinya tidak hanya menjadi pengetahuan kognitif tetapi mampu menjacli perilalm yang menetap dalam diri siswa. Oleh karenanya peneliti tenarik untuk rnelihat gambaran pendekatan pembelajaran nilai yang dilakukan oleh guru PPKn di sekolah dasar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitalif, dimana pengambilan data dilakukan rnelalui observasi dan wawancara Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, guru PPKn SD Tarakanita III masih belum secara sepenuhnya mengaplikasikan pendekatan kontekstual sebagai bagian dari proses belajar mengajar di kelasnya. Hal ini dikarenakan guru masih belum menyadari pentingnya pemberian ransangan melalui pemecahan masalah sehari-hari agar siswa 'menjadi lebih mampu untuk menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Guru juga belum menyadari sepenuhnya bahwa perkembangan siswa bukanlah sepenuhnya tanggung jawab mmah tetapi juga merupalcan tanggung jawab sekolah. Oleh kareuanya, Depdiknas diharapkan memberikan panduan yang lebih rinci dan pelatihan proses pengajaran PPKn bagi guru-guru sekolah dasar mengeni pendekatan kontekstual dan aplikasinya pada pelajaran PPKn di sekolah.

 Metadata

No. Panggil : T38809
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Entri tambahan-Nama badan :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : ix, 154 hlm. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38809 15-19-705281884 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342937