Hubungan antara ciri-ciri keberbakatan pada alat identifikasi siswa berbakat dengan alat tes psikologik. dan prestasi belajar (penelitian pada murid-murid kelas IV Sekolah Dasar Kecamatan Mampang Prapatan-Jakarta Selatan)
Lydia Freyani Hawadi;
Sukarni Catur Utami Munandar, supervisor; Moegiadi, supervisor
([Publisher not identified]
, 1989)
|
ABSTRAK< b> Peneliti.an mi bertujuan untuk mengetahul hubunganantara Alat Identifikasi SisJa I3erbakat dengan intclgeflsl,kreativitas danprestasi belajar. Disarnpinci itu juga ingilidilihat kesosuaian peniiaian siswa oieh guru (hubunganantara penilian guru yang satu dengan guru yang lain).Untuk mengetahui hubungan antara Alat Identifikasidengan alat Inteligensi digunakan IQ yang diukur dengan CF1TSkala 2A. Sedangkan untuk rnengetahui hubungan iiatIdentifikasi dengan Kreativitas, digunakan CQ yang diukurdengan Ts Kreativitas Verbal dan CQ yang diukur oleh TesKreativitas Figural Untuk prestasi belajar dipakal nilalrapor dalam hidang studi IPA, IPS, Bahasa Indonesia danMatematika serta nilai rata-rata keempat bidang studitersebut Pada Alat Identifikasi ada ci-ri-ciri keberbakatanyang meliputi empat dimensi cirl yaitU (a) dimensi ciri-cirikemampuan belajar, (b) dimensi ciri-ciri kreativitas, (c)dimensi ciri-ciri pelibatan diri dan (d) dimensi ciri-cinikepribadiànManfaat penelitian dari segi praktis adalah agar alatml dapat digunakan untuk menjaning dan menyaning sisabeibakat di tingkat Sekolah Dasar, Sedangkan dani segiteoritis, manf eat penelitian membei-i.kan masukan - tentangdimensi-dimensi keberbakatan mana yang diniiai palingpenting oieh penhlaian guru.Sebelum digunakan dalam penelitian, Alat IdentifikasiSisa Berbakat mi dicanikan tenlebih dahulu validitas danreliabilitasnya. Hasil uji coba dengan tekn±k item totalcorrelation menunjukkan korelasi yang balk antara item yangsatu dengan item yang lain, maupun dengan keseluruhandimensi. Demikian pula reliabilitas tes yang dicani denganteknik split-hal ganjil genap cukup menunjukkan hasil yangsignifikan.Hasil penelitian menunjukkan baha korelasi antaraciri-cini keberbakatan pada Alat I dent.ifikasi sisa borbakatdengan Alat tes psikologik dan prestasi belajar, tidaksignifikan. Penulis sarankan agar sampel lebih diperbesaidan bervariasi. Saran lain agar dilakukan studi longitudinaluntuk melihat nilai prediktif dari alatini sedangkan saranbagi penggunaan . alat adaiah alat Identifikasi Sisva Berbakatperlu dilengkapi dengan petunjuk yang jelas tentang artidari cini-cini keberbakatan. |
T97876-Lydia Freyani Hawadi.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama badan : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: [Publisher not identified], 1989 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xiv, 163 pages : illustration ; 30 cm + appendix |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-18-422820239 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342976 |