:: UI - Tesis Open :: Kembali

UI - Tesis Open :: Kembali

Pengaruh perbedaan penghasilan terhadap keputusan pindah kerja tahun 2008-2009 = Effect of earnings gap on job mobility decision in 2008-2009

Trophy Endah Rahayu; Sonny Harry Budiutomo Harmadi, supervisor; N. Haidy Ahmad Pasay, supervisor; Dwini Handayani, supervisor (Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh perbedaan penghasilan dan variabel demografi lain dalam keputusan pekerja untuk melakukan perpindahan pekerjaan antara tahun 2008-2009. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data Sakernas Panel periode Februari 2008 dan Februari 2009. Metode analisa yang akan digunakan untuk mengetahui pengaruh perbedaan penghasilan terhadap keputusan pindah kerja adalah metode analisa probit. Metode Two- Step Heckman digunakan untuk mengestimasi partisipasi bekerja. Sedang model penghasilan Mincer digunakan untuk mengesrtmasi penghasilan. Pada penelitian ini dapat dibuktikan bahwa gap penghasilan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pekerja untuk pindah pekerjaan. Pekerja yang memiliki peluang pindah kerja tertinggi adalah pekerja dengan laki-laki lulusan PT yang tinggal di perkotaan, berstatus tidak/pernah kawin dan tidak memiliki ART lain yang bekerja (sole breadwinner), Serta bekeija pada sektor formal, di lapangan usaha manufaktur, dan sebagai tenaga jasa.

This research aims to find out the effect of earnings gap and the other demographic variables on worker?s job mobility decision in 2008-2009. This research uses Sakernas Panel data on February 2008 and February 2009. Profit analysis is used to know the effect of earnings gap on job mobility decision. The Two Step Heckman selection procedure is used to estimate work participation. Mincerian Earnings model is used to estimate earning of those estimated as workers. This research proves that earnings gap has a positive and significant effect on job mobility. Workers who have the highest probability to change job are men with college education who lived in urban area, never/had married, sole breadwinner, and working in manufacture, formal sector, as service worker.

 File Digital: 1

 Metadata

No. Panggil : T33216
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Jakarta: Sekolah Kajian Stratejik dan Global Universitas Indonesia, 2010
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : unmediated ; computer
Tipe Carrier : volume ; online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 146 pages : illustration ; 30 cm. + Appendix
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T33216 15-19-329756587 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20342992