ABSTRAK Pelayanan di rumah sakit merupakan bagian integral dari pelayanan kesehatan,yang tercliri dari berbagai disiplin ilmu, salah satunya adalah disiplin ilmu di bidangkeperawatan, pelayanan keperawatan dituntut untuk dapat bersifat profcsional, yangherarti pelayanan perawatan dituntut untuk memiliki akuntabilitas yang sesuai dengankcwenangannya.Pelayanan keperawatan di Badan RSUD Ariawinangun menurut hasil surveykepuasan pelanggan kurang memuaskan bagi pelanggannya, maka itu perlu kiranyadilakukan evaluasi terhadap kompetcnsi para perawat di Badan RSUD Aljawinangun.Pcncltian ini menggunakan metode studi kasus, yang meneliti aspek kompetensipara perawat., yang terdiri dari aspek kompetensi intelektual, aspek kompetensikomunilcasi interpersonal dan aspek kompctcnsi leknikal.I-Iasil penclitian ini menunjukan bahwa perawat di BRSUD Arjawinangun rata-rata berumur 29 tahun dengan masa kerja 97 bulan (8 tahun lbulan), dan nilai rata-ratakompetensi perawat di BRSUD Arjawinangun adalah 59,0 yang terdiri nilai rata-ratakompetensi intcleklual sebesar 53,5 kompetensi komunikasi interpersonal 56,5 dankompetcnsi teknikal 66,9. Hasil uji statistik menunjukan bahwa tidak ada perhedaan yang bemakna antaraumur, masa kexja, pendidikan, dan jenis kelamin dengan kompetensi perawat diBRSUDArjawinangun, akan tetapi ada kecenderungan korelasi negatiflyang berani bahwasemakin banyak umur perawat, masa kelja akan semakin kecil nilai kompctensinya,oleh karena itu untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan, perlu di upayakanperbaikan kualitas melalui peningkatan pengetahuan, dan peiatihan tcntang keuampilantcknikal dan ketrampilan berkomunikasi dengan pasien/ klien secara konsisten danberkelanjutan. ABSTRACT Hospital services is an integral part of health services, which consist ofvarious science discipline, one of it is science discipline in nursing sector. Nursingservices demanded to have appropriate accountability with their authority.Nursing services in BRSUD Arjawinangun according to costiuner satisfactionsurvey was less satisfying for their costumer, so that needs evaluation toward nurses?competence in BRSUD Arjawinangun.This research is using case study method, that identifying nutse`s competenceaspect, which consist of intellectual competence aspect, interpersonal communicationcompetence aspect and technical competence aspect.This research result shows that nurses in BRSUD Arjawinangun avemgelyages of 29 years old with work length of 97 months (8 years l month). Average valueof nurse competence in BRSUD Aijawinangun is 59.0 that consist of average valueof intellectual competence as much as 53.5, interpersonal communication competenceas much as 56.5 and technical competence as much as 66.9. Statistical test result shows that there is no significant difference between age,work length, education and gender with nurse competence in BRSUD Aijawinangun,however there is a tendency of negative correlation, which means the older thc nurse,work length will have lesser competence value. Therefore, to increase nursingservices quality, require quality renovation through increasing knowledge, training oftechnical ability and communication ability with patients/clients as consistently adcontinually.
|