Media televisi di Indonesia scmakin bcrkcmbang dari masa ke mwa. Jikadahulu televisi merupakan baxang mewah, maka saat ini televisi merupakanbarang sehari-hari. 'Dunia pertclevisian di Indonesia diawali dengan berdirinya TVRI (TelevisiRepublik Indonesia) pada tahun 1962. K udian setelah menjadi stasiun televisisatu-satunya selama benahun-tahun, pemerintah mengeluarkm peraturan dibidang pertelevisian dimana pemerintnh, mengizinkan teievisi swasta untukmelakukan siaran. Pada masa inilah, dunin pertelcvisian Indonesia berkembangpesa. Hal ini ditandai dengan mulai benmmculannya televisi swasta nasioml.Gelombang pertama berdirinya melevisi swasta nasional dimulai oleh RCTI(Rajawali Citra Televisi Indonesia) kemudian diikuti oleh SCTV (Surya CitraTelevisi), TPI (Televisi Pendidikan Indonesia), ANTV (Andalas Televisi) danIVM (lndosiar Visual Mandiri). Sedangkan gelombang kedua dimulai olehTrans'I'V, kemudian oleh Metro TV, Global TV, TV 7 (kemudian berubahmenjadi Trans?) dan Lativi (kemudian berubah menjadi TV One).Melihat perkembangan pesat di dunia pertelevisian maka beberapa pihakswasta melihat potensi pmar di dunia pertelevisian untuk dik bangkan denganjangkauan yang lebih kecil, yaitu bersiilt lokal di daerah-daerah. Khusus imtuk diJakarta sendiri, terdapat 5 (lima) televisi lokal swasta yang sudah berdiri danterdaftar dalam ATVLI (Asosiasi Televisi Lokal Indonesia), yaitu 0 Channel,Jak'I`V, Elshinia TV, Space Toon dan DaAi TV.Dengan semakin banyaknya jumlah sinsiun televisi swasta, baik nasiona]maupun lokal, tentu saja persaingan dalam melebut pangsa pasar dan belanja iklansemakin kctat dan kompctitif. Bcbcrapa hal yang perlu diperhatikan bagipengelola stasiun televisi adalah dumber daya manusia, fasilitas, teknologi,keuangan dan strategi, khususnya strategi komunikmzi pemasaran, sangatlahberpengamh dalam mengingatkan amz membujuk atau mempengaruhi pemirsadan pengiklan akan stasiun televisi dan produk yang ditawarkan.Analisis hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa strategikomunikasipemasman0Channelcuhzpbaik.Halinidapmdiliha1,anmn1aindengan adanya straiegi pemasamn yang dirumuskan oleh tim Marketing, programacara yang berbeda deugan televisi lain berkat adanya tim programming yangterus menerus memantau perkembangan progmm O Channel, pelayanan yangmemuaslcan baik kepada pemirsa oleh tim corporate communication. Seluruhkoordinasi dan usaha ini dilakukan demi temapainya tujuan perusahaan.ix Unlvelsltas Indonesia |