ABSTRAK Pemerintah saat ini telah melakukan berbagai upaya kesehatan dalarn rangkapenyediaan pelayanan keszhatan yang merata, bermmu, dan tezjangkau oleh seluruhIapisan masyarakat. Namxm upaya kesehatan tersebut belum diselenggarakan secaramenyeluruh, sehingga kumng dapat menunjang peningkalan demjat kesehatanmasyarakat. Harapan masyamkat agar pelayaman rumah sakit dapat memberikanpelayanan yang efektif dan kcpuasan yang optimal bagi setiap orang yangmemanfaatkannya, untuk itu dibumhkan sumberdaya manusia yang handal.Mengelola Sumber daya manusia bukanlah sesuatu ha] yang mudah, karenamenyangkut banyak faktor panting yang- harus diperhatikan, salah satunya adalah faktorkepuasan kerja. Kepuasan kelja ini akan berpengaruh pada kinerja, dan rendahnyakepuasan kezja merupakan satu tanda rusaknya kondisi suatu organisasi.Peuelitian ini bcrtujuan untuk mendapatkan gambaran tentang kepuasan kezjapegawai di rumah sakit dr A K Gani Palcmhang, melalui pengisian lcuesioner untukmengetahui persepsi, dan kepuasan kexja yang dinilai dengan melihat harapan dankcnyataan dari kepemimpinan, pekcljaan, komunikasi dan penghargaan. Wawancaramendalam serta focus group discussion yang dilaksanakan pada kepala ruangan, kepalapolikiinik, anggota pelaksana, bcxtujuan mendapwn penegasan pada hasil datakuantitatiii Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei 2007.Desain penelidan yang dipilih adalah analitik kuantitatif rancangan crosssectional dengan responden yaitu SCIUIUII militer yang ada sesuai dengan kriteria inklusisebanyak 50 orang, dan Pegawai Negeri Sipii diambil secana acak sebanyak 100 orang. Hasil penelitian didapatkan adanya perbedaan nilai rata-rata tingkat kepuasan pegawaiMiliter dan Pegawai Ncgcri Sipil, yaitu mia-rata tingkat kepuasan Pegawai NegeriMiliter sebcsar 59,24% yang bervariasi antara 45%-8l,82%, sedangkan Pegawai NegeriSipil lata-rata tingkat kepuasan kexja sebesar 54,58% yang bervariasi antara 44,87%-67,l2%, hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pada responden militer terdapatbeberapa vasiabel yang mempunyai hubxmgan signiiikan yaitu, jenis pekeljaan,motivasi, konflik, dan prosedur kelja. Sedangk/an pada responden Sipil didapatkanvmiabel yang bedxubungan signiikan dengan kepuasan kczja adalahz mamke1ja,pendidikan, peluang promosi dan konflik.Variabel yang paling dominan berpengaruh ten-hadap kepuasan kelja padapegawai Negeri Militer adalah jenis pekexjaan, dan pada Pegawai Negeri Sipil adalahevaluasi kelja. Selain im ada bebempa hal yang menjadi prioritas mama dalamhubungannya dengan kepuasan kexja bagi Militer, yaitu atasan diharapkan melibatkanbawahan dalam memncanakan Sualll pekeljaan (faktor kepemimpinan), perasaan sukaakan suatu pekeljaan dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang memuaskan(P??kClj38I1), dalam menyelesaikan permasalahan dibuhuhkan komunikasi yang. baik_Sedangkan pada PNS yang menjadi prioritas utama adalah : atasan harus melibatkanbawahanda1ammerencanakm\suampekmjaan,atasanharusmembanmkenaikanP=1l1£J<21 b9»WalW1UY°» 35955 d¢?B°l1 1fiI1¢1i=11y8 (fakfbr k¢P¢mimPiM11)» dalammenyclwaikan permasalahan dibutuhkan komunikasi yang baik, hasil evaluasi kerjaperlu disampdkan (faktor komunikasi),perasaan suka akan suatu pekexjaan dibutuhkanuntuk mendapatkan hasil yang memuaskan, untuk menghilangkan kqienuhan dalamsuatu tugas dibuat mtasi mgas, kesesuaian antara tugas dan kemampuan adalah penting(P°=k¢l5H2H)~Oleh karena itu pimpinan diharapkan dapat membentuk wadah komunikasitemtama untuk komuuikasi dari bawah keatas, misalnya dengan kotak samn, tim keciltersendiri, membentuk tim pcnilai, memperhatikan sistcm penghargaan dengan biayaminimal, dan memotivasi pegawai meningkaikan kinelja, misalnya mengadakan acarakebexsarnann diluar kantor beserta seluruh stai ABSTRACT There are so many e&`orts have been done by the govemment in order to providea thorough, high quality, and aEordable health services to any level of community inIndonesia. However, the effort has not yet been accomplished comprehensively and cannot be optimal to enforce the increasing of the level of community?s health. People?sexpectation on the hospital services is that hospital can provide an e&`ective and asatisfaction services to everyone who visit and utilizing the hospital. Therefore,outstanding human resources are needed.To organize and manage the human resource in the institution is not a simply asturning the palm ofthe hand, as there are so many important factors are related that needto consider. One of the factors is the working mtisfaction. It is known that workingsatisfaction will influence the working performance, and a low working satisfaction canbe a sign of organization devastationThe study has aim on exploring the description on working satisfaction ofemployees at the DR. A. K. Gani Hospital (AKGH) of Palemhang, using self-fillingquestionnaire in order to know the perception, and working satisfaction that assessed bylooking at the expected and facts of leadership, task, communication and reward. In-depth interview and focused group discussion (FGD) are carried out toward head ofsection, head of poiiclinic, and member of implementer, in order to get continuation onthe result of quantitative data. The study is carried out between April and May 2007. The design of the study is a cross sectional with quantitative approach. Allmilitary employees are included as respondents, but only 100 civil employees areselected randomly. The study result showed that there is a different score on the averageof the satisfaction level between military and civil employees. The average ofsatislaction level among military employees is 59.24% with range between 45-8l.82%.While among civil employees, the average is 54.58% with range between 44.87-67.l2%.Variables that significantly related with working satisfaction among military employeesare: type of work, motivation, conflict, and working procedures. But, among civilemployees, the variables are: length of working, education, opportunity for increasinglevel of working rank (promotion), and conflict.The most dominant variable at the military employees is type of work, but in thecivil employees is working evaluation. For military employees, the main priorities inrelation to working satisfaction are namely: suppose the chief should involving theemployees for planning the work (leadership factor), sense of liking the job/work isneeded in order to give a satisfactory on working (work factor), good conununication isneeded to solve the problem. In the civil employees, the main priorities are: the chiefshould involve the employees for planning the work and should facilitate the employeesto raise their rank based on their performance (leadership factor), good communicationis needed to solve the problem and working evaluation should be disseminated(communication factor), sense of liking the job/work is needed in order to give asatisfactory on working, a working rotation can be use to prevent the workingboringness, conformity between task and skill is an important thing (work factor).To conclude, the managers should provide a kind of communication pathway,especially hom down imder to top manager, such as: suggestion box, and independentsmall team, team evaluator, to consider a reward system with minimal cost, andenforcing motivation towards employee for increasing the work performance.
|