ABSTRAK Visi pcmbangunan kesehatan di Kota Bandung adalah tercapainya KclurahanSehat tahun 2005, Kecamatan Sehat 2006 clan Bandlmg Sehat 2007. Dalamkenyataannya hingga tahun 2005, cakupan rumah tangga sehat masih l4,14% sehinggapencapaian kelurahan kelurahan sehat hanya sebanyak 6,46% di Kota Bandung.Permasalahannya antara lain karena perilaku masyarakat yang kurang mendukung polahidup bcrsih dan sehat. Pcnelitian Lentang penyebab rendahnya cakupan kelumhan sehatyang dihubungkan dengan faktor-faktor yang mcnyebabkan terbentuknya perilakukesehatan masyarakat, selarna ini belum pemah dilakukan.Pcnelitian ini menggunakan rancangan suvei (cross sectional), dengan sampelsebanyak 192 rumah tangga yang terpilih secara random berdasarkan metode klaster.Unit analisisnya adalah ibu rumah tangga dengan kriteria inklusi mempmmyai anak usia 6bulan - 5 tahun dan bersedia ikut penelitian. ' 'Hasil uji univaniat menunjukkan bahwa gambaran perilaku masyarakat yang sudahbaik scbesar 64,6% dan kumng baik 35,4%. Hasil uji bivariat menunjukkan faktorpredisposisi yang berhubungan bennakna adalah pendidikan, status ekonomi,pcngetahuan dan sikap; Faktor pemungkin yang berhubungan berrnakna adalahkctersediaan fasilitas kesehatan, ketcrscdiaan biaya kesehatan dan komitmen terhadap kesehatan; Faktor pcnguat yang berhubungan bermakna adalah dukungan pctugaspuskesmas dan dukungan forum masyarakat.Sikap ibu merupakan variabel yang paling dominan pada komposit indikatorperilaku masyarakat dalam mewujudkan kelurahan schat. Adapun pendidikan; statusekonomi; pengetahuan; sikap; dukungan petugas puskesmas; dukungan forummasyarakat merupakan variabcl yang paling dominan berhubungan dengan masing-masing indikator dari perilaku masyarakat dalam mewujudkan kelurahan sehat.Mengacu pada kcsimpulan tersebut, penulis mengajukan beberapa saran sebagai berikut:1) Mcningkatkan Advokasi kepada pemerintah legislatif, donor agency, LSM, PT,organisasi masyarakat untuk dukungan kebijakan dan alokasi anggaran; 2) Menjalinkemitraan dengan mitra potensial untuk mengatasi masalah bidang kesehatan seperliLSM dan media massa; 3) Melalcukan standarisasi ketenagaan promosi keseharan;4) Melakukan evaluasi perilaku sehat masyarakat melalui kegiatan pembinaan rutin danpeningkatan sistem pencatatan dan pelaporan. ABSTRACT The vision of healthy development in Bandung 2006 is to achieve Healthy SubDistrict 2005, Healthy District 2006, and Healthy Bandung 2007. In reality, until 2005,only achieving of scope of healthy homes about l4,l4% and 6,46% healthy sub districtin Bandung. This problem is caused by the behaviour of community with less supportingfor health and neat life pattern. The research about the motive of low achieving healthysub district that is related with factors of behaviour that contribute to performcommunity health behaviour, during this time is never done.This research uses survey planning (cross sectional), with mother sample havingchild have age 6 months - 5 years counted 192 homes in selected sub district by clustersampling methode. UThe results of univariate test indicates that the portrayal of health communitybehaviour about 64,6% and 35,4% of community less supporting for health and neat lifepattern. The results of bivariatc tests indicates that predisposing factors whichsignificantly related are education, economic status, knowledge and attitude; Enablingfactors significantly related are availability of health facilities, availability of health costand commitment to health; Reinforing factors which significantly related are publichealth centre officer support and public forum support.Mother attitude represent dominant factor is significantly relation with compositcommunity behaviour indicator in order to achieve healthy sub district. Education;economic status; knowledge; attitude; public health centre ofiicer support; public fomm support represent dominant factor is signilicantly relation with each communitybehaviour indicator in order to achieve healthy sub district. As according to theconclusion, writer raise some the following suggestion 1 1) Increasing advocacy tolegistlatif government, agency donor, public independent agency, education institute andpublic origanization for health administrative and budget support; 2) Buildingpartnership with potential partner such as public independent agency and mass media toinfluence a health problem; 3) Standarization for health promotion officer; 4) Evaluatingcommunity health behaviour through monitoring, reporting and recording system.
|