:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Gambaran Thematic Apperception Test pada subjek yang mengalami keergantungan heroin dengan mengkaji pola keluarga dan penyesuaian keluarga

Ni Made Taganing Kurniati; Adriana Soekandar Ginanjar, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Angka penyalahgunaan narl-coba di Indonesia menunjukkan peningkatan yang tajam. Jenis zat yang paling banyak dipakai dan mempunyai efek yang paling merusak adalah heroin. Berbagai studi dan literatur menunjukkan adanya pola khas baik pada penyalahguna maupun keluarganya. Di samping penyalahguna sendiri, keluarga juga mempunyai kontribusi terhadap penyalahgunaan zat dan hams menyesuaikan diri terhadap penyalahgunaan zat oleh anak. Oleh karena itu, dalam evaluasi psikologis, diperlukan alat tes yang tidak hanya mengungkap kepribadian atau keadaan klien, tetapi juga hubungan klien dengan orang tua. Salah Satu alat tes yang memungkinkan hal tersebut adalah Thematic Apperception Test (TAT).
Masalah dalam penelitian ini adalah [1] Bagaimana gambaran pola keluarga yang memiliki anak ketergantungan heroin?, [2] Bagaimana penyesuaian keluarga terhadap penggunaan heroin oleh anak?, dan [3] Bagaimana gambaran TAT pada subjek dengan ketergantungan heroin? Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengkaji [1] Pola keluarga yang meliputi kedekatan, adaptabilitas, dan komunikasi keluarga, [2] Penyesuaian keluarga berdasarkan katagori enmeshmen!-derachment, [3] Nada emosi dalam cerita TAT, [4] T ema-tema berkaitan dengan pelaku-pelaku tertentu, dan [5] Gambaran tentang tolcoh pahlawan.
Pendekatan yang digunakan adalah analisis kualitatif terhadap poia keluarga [berdasarkan teori Olson], penyesuaian keluarga [berdasarkan teori Kaufrnann], dan hasil TAT [berdasarkan Telmik Interpretasi Bentuk dan Isi dari Henry dengan berfokus pada Isi Positif]. Kartu yang dipakai adalah 1, 2, 3BM, 4, 6BM, 7 BM, I0, 11, 12M, l3MF. Data penelitian dikumpulkan dengan metode tes, wawancara, dan dokurnen. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode kasus tipikal dengan karakteristik subjek: laki-laki berusia antara 21 hingga 29 tahun yang mengalami ketergantungan terhadap heroin sejak remaja. Jumlah subjek adalah 4 orang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pola keluarga pada tiga subjek [Riz, Dod, dan Rand] cenderung negatii Namun ada satu subjek, yakni lv, yang walaupun pola keluarganya tergolong baik tetapi tetap mengalami ketergantungan terhadap heroin. Penyesuaian yang dilakukan olh keluarga dari tiga subjek [Riz, Dod, dan Rand] tergolong negatii sementara penyesuaian yang dilalcukan keluarga dari sam subjek, yakni lv, tergolong positif Tampak ada kaitan antara pola keluarga dengan penyesuaian keluarga terhadap penggunaan narkoba.
Analisis terhadap hasil TAT menunjukkan bahwa Riz cenderung menghasilkan respon dengan nada emosi negatii sernentara Iv cenderung menghasilkan respon bernada positif dan mampu mengubah nada negatif menjadi positiii Kartu yang oenderung menghasilkan nada negatif adalah 3 BM, 6BM, ISMF, sementara kartu bemada positif adalah 4 dan 10. Sebagian besar subjek menghasilkan respon dengan nada aktifl Nada pasif urnumnya muncul pada kartu 1 dan 3BM. Nada konflik paling banyak muncul pada Dod. Hubungan serasi paling banyak muncul pada Riz yang memunculkan tokoh teman dan pasangan.
Kartu 'hubungan serasi' adalah kartu 10. Analisis terhadap tema menunjukkan bahwa tidak ada tema Iuar biasa Tema berulang rnuncul pada Riz., yang menunjukkan tema ‘kebingungani Tema berkaitan derngan Tokoh Otoritas Wanita diungkap oleh kartu 6BM [iigur ibu]. Tema rasa bersalah muncul pada Iv daan Rand, sementara tema tidak mengabulkan permintaan tokoh pahlawan muncul pada Riz dan Dod. Tema berkaitan dengan Tokoh Otoritas Pria diungkap oleh kartu 7 BM. Tema dari kann ini adalah harapan terhadap tokoh otoritas pria. Tema berkaitan dengan orang tuafkeluarga diungkap oleh kartu 2. Rand menunjukkan keinginan mempunyai keluarga, Iv memunculkan tema keinginan membantu orang tua, Riz menunjukkan perasaan bingung dan kemudian pergi bennain. Frekuensi tema berkaitan dengan keluarga paling banyak muncul pada Dod [1, 2, 3BM]. Tema yang berkaitan dengan lawan jenis sebaya diungkap oleh kartu 10, 4 Lpasangan, pacar] yang diwamai oleh perasaan kasih sayang. Kartu 13 MF mengungkap tema dorongan seksual dan perasaan terhadap seks bebas [`Riz, Iv] dan kekerasan seksual [Rand]. Kartu yang paling baik untuk menjelaskan tokoh pahlawan adalah kartu 3BM [pecandu narkoba, perasaan, keinginan, motivasi untuk sembuh] dan kartul [kondisi internal, motivasi dan daya juang, reaksi terhadap hal baru]. Nada emosi maupun tema yang dikemukakan subjek tampak sesuai dengan keadaan dan kepribadian subjek dan berkaitan dengan pola keluarga serta penyesuaian keluarga.
Kesimpulan tentang gambaran TAT adalah sebagai berikut: Karm 1, BBM mernberi gambaran yang baik tentang keadaan diri, Kartu 2 memberi gambaran tentang hubungan dengan orang tuafkeluarga, Kartu 10 dan 4 mengungkap hubungan dengan pasangan, yang diwamai dengan perasaan cinta dan bahagia, Kartu 6BM mengungkap hubungan, perasaan, keinginan terhadap ibu, Kartu 'IBM memberi gambaran tentang harapan terhadap ayab, dan Kartu 13MF memberi gambaran tentang dorongan seksual dan agresivitas Saks. Penelitian ini menunjukkan bahwa TAT mempunyai nilai proyektif dan diagnostik yang baik pada subjek ketergantungan heroin. Saran untuk penelitian lanjutan adalah agar mencakup dimensi lain dari Metode Henry, rnelakukan wawancara Secara Iebih mendalam atau lebih terstruktur untuk menegakkan pola keluarga secara lebih adekuat, rnengkaji perbedaan respon TAT berdasar pola keluarga, dan mengkaji hubungan antara pola keluarga dengan penyesuaian keluarga. Saran untuk Psikolog yang berkenaan dengan penanganan klien dengan ketergantungan zat adalah bahwa TAT sangat proyektif dan dapat digunakan Lultuk mengeksplorasi nada emosi, hubungan interpersonal, dan keadaan serta motivasi klien untuk sembuh. TAT juga dapat nnemberi garnbaran tentang pola keluarga dan penyesuaian keluarga. Sementara saran untnk Keluarga adalah agar melakukan penyesuaian detachment untuk mendukung kesembuhan anak.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ni Made Taganing Kurniati.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : Depok: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xi, 106 hlm. : ill. ; 28 cm.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-22-26925834 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343422