:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Hubungan Orientasi Pembelajaran Individu, Iklim Psikologis dan Dukungan Konteks Organisasi dengan Tingkat Organisasi Pembelajaran

Noviana Budiyanti; A.S. Munandar, supervisor; Indarwahyanti Graito, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Penelitian ini adalah mengenai tingkat organisasi pembelajaran. Tujuan
penelitian ini untuk membuklikan bahwa ada hubungan antara orientasi
pembelajaran individu, iklim psikologis dan dukungan konteks organisasi dengan
tingkat organisasi pembelajaran.
Organisasi pembelajaran adalah suatu bentuk organisasi ideal yang
merupakan kemampuan organisasi untuk terus menerus dapat menyesuaikan
diri dan bertahan dalam menghadapi perubahan di era globalisasi. Penelitian ini
perlu dilakukan karena organisasi pembelajaran perlu dikembangkan di setiap
perusahaan agar dapat berlahan dan memiliki keunggulan berkompetisi dalam
persaingan bisnis yang begitu tinggi.
Penelitian ini mengkaji faktor-faktor yang dibutuhkan dalam
mengembangkan organisasi pembelajaran berdasarkan teori Senge - the- Fitth
Discipline yang terkenal dengan sebutan ‘ Mr Lerning Organization" Lima
disiplin dalam organisasi pembelajaran tersebut adalah personal mastery dan
mental models yang merupakan faktor individual; shared vision dan team
teaming yang merupakan faktor interaksi sosial-lingkungan; serta system
thinking yang merupakan faktor organisasional.
Subyek penelitian adalah para kalyawan yang bekerja di beberapa
perusahaan dan bidang industri pabrikasi dan jasa-layanan yang telah
beroperasi minimal 5 tahun. Subyek penelitian ini diambil dengan Cara
convenience sampiing dengan kriteria minimal pendidikan SMU dan telah
bekerja minimal satu tahun. Total sampel berjumlah 276 karyawan dan level staf
pelaksana sampai manajer. Pengukuran tingkat organisasi pembelajaran
menggunakan instrument yang dikembangkan oleh Rosengarten (1999);
orientasi pembelajaran indlvidu (Martinez,1997); iklim psikologis (James &
Sells,1981); Dukungan Konteks Organisasi (Chang & Lee, 2000; Edmondson ,1999). Hasil penelitian menunjukkan bahwa orienlasi pembelajaran individu, iklim
psikologis dan dukungan konteks organisasi secara bersama memiiiki hubungan
yang signihkan dengan tingkat organisasi pernbelajaran. Hal menarik yang
ditemukan dalam pénelitian ini bahwa orientasi pembelajaran individu tidak
memiliki hubungan Iangsung dengan tingkat organisasi pembelajaran, tetapi
melalui variabei Iain sebagai variabel moderator. Hal ini memperkuat teori
Senge (1990) dan Pautzke (1989) bahwa pembelajaran individu secara tidak
langsung mempengaruhi organisasi pembeiajaran. Sedangkan faktor yang
paling dominan dalam organisasi pembetajaran adalah dukungan konteks
organisasi dan iklim psikologis. Hal ini berarti dalam rnewujudkan organisasi
pernbelaiaran pendekatan organisasional atau sistem Iebih berperan yaitu
perlunya dukungan konteks organisasi yang mendorong individu-individu dalam
organisasi unluk berpikir secara holistik dan sistemik, bukan parsial.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Noviana Budiyanti.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : xiv, 101 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-14800225 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343486