Goal Orientation dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris yang Berstatus Pelajar SMA, Mahasiswa dan Karyawan (Penelitian pada Peserta Didik LBPP-LIA Kelapa Gading Jakarta)
Ainun Najibah Bhaskara;
Soetarlinah Soekadji, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)
|
Penelitian ini bertolak dari adanya kebutuhan akan pemahaman tentang goalorientation yang dimiliki oleh peserta didik kursus bahasa lnggris dan hubungan goalorienzarion dengan prestasi belajar. Tingginya minat masyarakat untuk meningkatkankemampuan berbahasa lnggris dapat dilihat dari banyaknya anggota masyarakat yangmengikuti kursus di berbagai lembaga bahasa yang ada, khususnya di kota Jakarta.Selain motivasi, seseorang yang ikut bahasa lnggris juga mernbutuhkan waktu dandana khusus. Biasanya faktor dana inilah yang kerap menjadi hambatan bagiseseorang untuk ikut kursus bahasa lnggris di suatu lembaga bahasa, sehingga merekayang dapat mengikuti kursus seyogyanya benar-benar memanfaatkan danmenggunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Namun demikian,menurut pengamatan peneliti, masih banyak peserta didik kursus bahasa lnggris diLBPP-LIA Kelapa Gading yang tampak tidak menggunakan kesempatan yang merekamiliki_ Dalam Syah (1997) disebutkan beberapa faktor psikologis yang dianggapmemberi pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik, salah satunya adalahmotivasi. Adapun goal yang dimiliki oleh seseorang dapat memotivasi untukmelakukan sesuatu yang diinginkannya dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti merasabahwa goal orientation penting unmk diteliti karena diduga memiliki hubungandengan prestasi belajar seseorang. Selain itu, peserta didik di LBPP-LIA terdiri dariberbagai macam status (pekerjaan) yaitu antara lain pelajar SLTA, mahasiswa dankaryawan, sehingga peneliti pun ingin pula rnengetahui bagaimana goal orientationdan prestasi belajar bahasa lnggris yang dimiliki mereka.Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kursus bahasa lnggris di LBPP-LIAKelapa Gading program General English (Basic l-4 dan Intermediate I-4) danEnglish for Special Purposes (CV starter, CV l-4). Sampel berjumlah 120 orang yangdi peroleh dengan teknik purposive dan simple random sampling. Data tentangprestasi belajar peserta didik menggunakan nilai written test yang diberikan setiapakhir term- Adapun data tentang goal orientation diperoleh dari kusioner goalorientation yang disusun oleh peneliti. Analisis data dilakukan dengan ANOVA danPearson Product Moment, sedangkan pengolahan data dilakukan denganmemanfaatkan program SPSS (Statistic Package for Social Science).Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya satu hipotesis penelitian yangditerima yaitu ada perbedaan yang signinikan mengenai work-avoidant goalorientation yang dimiliki peserta didik yang berstatus belajar SLTA, mahasiswa dankaryawan Pelajar SLTA menjadi kelompok yang memiliki skor work-avoidant goalorientation tertinggi dibanding clua kelornpok lainnya. Artinya, sebagian besar pelajarSLTA tidak termotivasi untuk mengikuti kursus bahasa Inggris.Untuk penelitian Iebih lanjut disarankan agar melakukan penelitian di beberapacabang lembaga bahasa namun masih di bawah satu yayasan. Cara pengambilansampel penelitian hendaknya menggunakan satu teknik yang sama, dan jurnlahsampel yang diambil hendaknya lebih besar Iagi sehingga hasilnya lebih dapatmenggambarkan populasi. Selain itu level sampel juga seyogyanya sama untukseluruh kelompok status. Dalam penelitian selanjutnya disarankan untukmempersingkat instrumen penelitian dengan Cara mengurangi jumlah item pemyataandi tiap-tiap bagian goal orientation yang dirasa tumpang tindih. Hendaknya dalampenelitian Iebih lanjut dimasukkan faktor kecerdasan sebagai variabel pengontrolkarena faktor kecerdasan memiliki peran terhadap prestasi belajar seseorang. |
T-Ainun Najibah Bhaskara.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer , |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | x, 122 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-24-25358851 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343545 |