:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Goal Orientation dan Prestasi Belajar Peserta Didik Kursus Bahasa Inggris yang Berstatus Pelajar SMA, Mahasiswa dan Karyawan (Penelitian pada Peserta Didik LBPP-LIA Kelapa Gading Jakarta)

Ainun Najibah Bhaskara; Soetarlinah Soekadji, supervisor (Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)

 Abstrak

Penelitian ini bertolak dari adanya kebutuhan akan pemahaman tentang goal
orientation yang dimiliki oleh peserta didik kursus bahasa lnggris dan hubungan goal
orienzarion dengan prestasi belajar. Tingginya minat masyarakat untuk meningkatkan
kemampuan berbahasa lnggris dapat dilihat dari banyaknya anggota masyarakat yang
mengikuti kursus di berbagai lembaga bahasa yang ada, khususnya di kota Jakarta.
Selain motivasi, seseorang yang ikut bahasa lnggris juga mernbutuhkan waktu dan
dana khusus. Biasanya faktor dana inilah yang kerap menjadi hambatan bagi
seseorang untuk ikut kursus bahasa lnggris di suatu lembaga bahasa, sehingga mereka
yang dapat mengikuti kursus seyogyanya benar-benar memanfaatkan dan
menggunakan kesempatan yang ada dengan sebaik-baiknya. Namun demikian,
menurut pengamatan peneliti, masih banyak peserta didik kursus bahasa lnggris di
LBPP-LIA Kelapa Gading yang tampak tidak menggunakan kesempatan yang mereka
miliki_ Dalam Syah (1997) disebutkan beberapa faktor psikologis yang dianggap
memberi pengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik, salah satunya adalah
motivasi. Adapun goal yang dimiliki oleh seseorang dapat memotivasi untuk
melakukan sesuatu yang diinginkannya dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti merasa
bahwa goal orientation penting unmk diteliti karena diduga memiliki hubungan
dengan prestasi belajar seseorang. Selain itu, peserta didik di LBPP-LIA terdiri dari
berbagai macam status (pekerjaan) yaitu antara lain pelajar SLTA, mahasiswa dan
karyawan, sehingga peneliti pun ingin pula rnengetahui bagaimana goal orientation
dan prestasi belajar bahasa lnggris yang dimiliki mereka.
Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kursus bahasa lnggris di LBPP-LIA
Kelapa Gading program General English (Basic l-4 dan Intermediate I-4) dan
English for Special Purposes (CV starter, CV l-4). Sampel berjumlah 120 orang yang
di peroleh dengan teknik purposive dan simple random sampling. Data tentang
prestasi belajar peserta didik menggunakan nilai written test yang diberikan setiap
akhir term- Adapun data tentang goal orientation diperoleh dari kusioner goal
orientation yang disusun oleh peneliti. Analisis data dilakukan dengan ANOVA dan
Pearson Product Moment, sedangkan pengolahan data dilakukan dengan
memanfaatkan program SPSS (Statistic Package for Social Science).
Penelitian ini menunjukkan bahwa hanya satu hipotesis penelitian yang
diterima yaitu ada perbedaan yang signinikan mengenai work-avoidant goal
orientation yang dimiliki peserta didik yang berstatus belajar SLTA, mahasiswa dan
karyawan Pelajar SLTA menjadi kelompok yang memiliki skor work-avoidant goal
orientation tertinggi dibanding clua kelornpok lainnya. Artinya, sebagian besar pelajar
SLTA tidak termotivasi untuk mengikuti kursus bahasa Inggris.
Untuk penelitian Iebih lanjut disarankan agar melakukan penelitian di beberapa
cabang lembaga bahasa namun masih di bawah satu yayasan. Cara pengambilan
sampel penelitian hendaknya menggunakan satu teknik yang sama, dan jurnlah
sampel yang diambil hendaknya lebih besar Iagi sehingga hasilnya lebih dapat
menggambarkan populasi. Selain itu level sampel juga seyogyanya sama untuk
seluruh kelompok status. Dalam penelitian selanjutnya disarankan untuk
mempersingkat instrumen penelitian dengan Cara mengurangi jumlah item pemyataan
di tiap-tiap bagian goal orientation yang dirasa tumpang tindih. Hendaknya dalam
penelitian Iebih lanjut dimasukkan faktor kecerdasan sebagai variabel pengontrol
karena faktor kecerdasan memiliki peran terhadap prestasi belajar seseorang.

 File Digital: 1

Shelf
 T-Ainun Najibah Bhaskara.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T-Pdf
Entri utama-Nama orang :
Entri tambahan-Nama orang :
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan : LibUI ind rda
Tipe Konten : text
Tipe Media : computer ,
Tipe Carrier : online resource
Deskripsi Fisik : x, 122 hlm. : ill. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T-Pdf 15-24-25358851 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343545