Dunia pendidikan selalu mengalami perubahan, baik dalam hal teoritismaupun praktis. Beberapa tahun terakhir di Indonesia, muncul beberapa sekolahalternatif yang menawarkan metode pembelajaran yang berbeda dengan sekolahkonvensional pada umumnya. Sekoiah-sekolah ini berusaha merubah pendekatanpengajaran ke arah perbaikan. Salah satu teori yang menjadi acuan adalah teorimulrzple intelligence dari Gardner (1983). Salah satu sekolah yang menerapkanmetode ini adalah Sekolah Citra Alam. Untuk melihat seberapa jauh penerapansuatu metode pengajaran dapat dilakukan evaluasi pada beberapa komponenpendidikan berdasarkan teori yang mendasarinya.Dari evaluasi didapatkan hasil bahwa dalam menyampaikan materi ajarMatematika dan Bahasa Indonesia di kelas III yang berdasarkan pada KurikulumDiknas serta materi ajar Seni, pengajar telah mengakomodasi berkembangnyaberbagai aspek kecerdasan dan siswa dengan melakukan metode-metodepengajaran yang sesuai dengan teori multiple inrelligence. Mengingat pendidikanmerupakan suatu proses yang kontinyu maka hasil dari metode pengajaran initidak serta merta dapat terlihat pada diri siswa saat ini, namun akan berkembangsejalan dengan interaksi siswa dengan lingkungannya di masa datang. Mengingatpenerapan teori multiple intelligence memang tidak mudah dilakukan, adabaiknya pihak sekolah memberikan pelatihan mengenai penerapan teori ini,sehingga para pengajar mendapat pemahaman yang Iebih komprehensif danmampu menerapkannya baik secala tertulis dalam rencana pengajaran maupundalam praktek kegiatan pembelajaran. |