:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Perubahan persepsi terhadap fungsi kepemimpinan dan manajerial melalui pelatihan dan pendampingan organisasi serta hubungannya dengan sikap pelayanan (studi pelayanan kesehatan di wilayah Kabupaten Lahat-Sumatera Selatan)

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)

 Abstrak

Fungsi kepemimpinan dan manajerial dalam penelitian ini adalah
pemahaman informasi tentang fungsi-fungsi pengarahan, penyelarasan dan
pamberdayaan Serta pemahaman informasi tentang fungsi-fungsi perencanaan,
pengorganisasian dan pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
perubahan persepsi terhadap fungsi kepemimpinan dan manajerial melalui
pelatihan dan pendampingan organisasi Serta hubungannya dengan sikap
pelayanan. Sampel penelitian adalah 40 orang pejabat struktural (pimpinan dan
manajer madya) pada organisasi pelayanan kesehatan (Dinas Kesehatan,
Rumah Sakit Umum Daerah dan Puskesmas) di wilayah Kabupaten Lahat-
Sumatera Selatan.
Jenis peneiitian ini adalah penelitian lapangan, termasuk dalam
“Evaluation research", dengan ranoangan “The one group pretest-posttest
design". Metode pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah uji beda
nilai rata-rata "t-test” dan analisis regresi berganda.
Hasil penelitian dalam analisis uji beda tersebut, menunjukkan adanya
perbedaan yang bermakna datam persepsi terhadap fungsi kepemimpinan,
fungsi manajerial dan sikap pelayanan antara sebelum dan sesudah dilakukan
pelatihan dan pendampingan organisasi. Hasil analisis dengan uji regresi
berganda, menunjukkan bahwa ada hubungan yang bermakna dari persepsi
tentang fungsi kepemimpinan dan fungsi manajerial dengan sikap pelayanan.
Saran-saran yang diajukan untuk penelitian selanjutnya adalah:
1) menggunakan kelompok kontrol sebagai kelompok pembanding;
2) mengevatuasi sikap pelayanan dari sisi pelangganlpengguna jasa
pelayanan, dan 3) melakukan perhitungan korelasi untuk masing-masing aspek
dan variabel persepsi tentang fungsi kepemimpinan dan fungsi manajerial
dengan sikap pelayanan Adapun saran untuk institusi pelayanan adalah:
melakukan penelitian serupa pada wilayah kabupaten lain, agar diperoleh suatu
model pengembangan SDM yang mampu meningkatkan kualitas dan citra
pelayanan

 File Digital: 1

Shelf
 T-Nurul Qomariah.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38564
Subjek :
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : x, 137 hlm. : ill. ; 28 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38564 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343637