Analisis beban kerja departemen penjualan ekspor di PT BML
Diar Rachmisurtiyarsih;
Fakhrudin, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)
|
PT BML merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasatransportasi laut dan berhubungan langsung dengan aktivitas ekspor impor.Laju perdagangan yang sangat cepat menyebabkan BML hams memilikistandar servis yang mernuaskan bagi konsumennya. Sales Executive daridepartemen penjualan (Sales Department) merupakan front liner yangmemiliki hubungan langsung dengan konsumen sehingga memilikitanggung jawab yang besar dalam menjual dan mengukur keadaan pasal.Sales Executive di BML mengeluh bahwa pekerjaan yang ada sangatbanyak sehingga membutuhkan waktu lebih dari 8 jam waktu kerja.Penelitian awal menunjukkan bahwa 3-4 kali dalam seminggu, hampirseluruh sales executive menghabiskan 12-14 jam kerja dalam sehari.Tanggung jawab salesperson dalam menganalisis keadaan pasar menjaditerabaikan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian lebih lanjutmengenai beban kerja yang ditanggung oleh seorang sales, apakah bebankerja tersebut memang menkonsumsi waktu lebih daripada waktu kerjayang seharusnya.Setelah dilakukan observasi dan wawancara lanjutan terhadapaktivitas aktual dari 2 jabatan di departemen penjualan PT BML dankaitannya dengan job description seorang .sales executive BML; seorangOutgoing Sales dan seorang Inhouse Sales membutuhkan waktu 167% dan151% dari 8 jam waktu kerja yang seharusnya.Dengan demikian, beban kerja yang dimiliki oleh sales executivememang memerlukan waktu yang konsumtif pula. Oleh karena itu,alternatif yang dapat diberikan untuk menyelesaikan masalah yang adaadalah redesain pekerjaan, otomasi pekerjaan, atau penambahan karyawan.Solusi yang paling memungkinkan dengan kondisi perusahaan saatini adalah penambahan karyawan. Melalui hasil perhitungan menurutmetode Workload (Johnston & Marshall , 2003), karyawan yang diperlukanadalah 10 orang Waktu yang dibutuhkan adalah 2 bulan untuk perekrutandan 1 minggu untuk adaptasi sistem yang digunakan. Perkiraan biaya yangdiperlukan untuk perekrutan adalah Rp 13,5 juta, biaya peralatan Rp 14,25juta, dan biaya tetap per bulan Rp 12,44 juta- Jika dibandingkan denganpendapatan yang dapat dihasilkan dari seorang sales executive maka biayatetap yang dikeluarkan hanya 0,075 persennya saja. |
![]()
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer , |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | xi, 37 hlm. : ill. ; 29 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-24-22309299 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343638 |