Kemampuan pemahaman bacaan anak bilingual dan monolingual: suatu tinjauan dari sudut melalinguistic awareness
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002)
|
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban mengenai hubunganantara bilingual dan metalinguistic awareness terhadap kemampuan pemahamanbacaan anak kelas dua sekolah dasar.Penelitian ini dilaksanakan pada dua SD diBintaro, yaitu SD Global Jaya dan SD Pembangunan Jaya. Dileliti pula mengenaikemungkinan adanya perbedaan metalinguistic awareness dan perumahan hacaanantara anak bilingual dan monolingual.Subyek penelitian di pilih dengan menggunakan teknik IncidentalSampling yaitu memilih anak bilingual berdasarkan Skor hasil observasi Englishas A Second Language Scale ( |05 - 140 ) dan skala observasi kemampuanbahasa Indonesia ( 140 - 175 ). Dari 155 anak kelas ll Sekolah Dasar, jumlahsubyck bilingual dominan bahasa Indonesia adalah 60 orang dan 60 orangmonolingualKemampuan bilingual diukur dengan instrumen English as A SecondLanguage Scale dan skor Skala Observasi Kemampuan Bahasa Indonesia,sedangkan Metalinguistic Awareness siswa diukur dengan Tes MelalinguisticAwareness yang disusun sendiri, Serta Language Objeclivigv Test konstruksiCummins yang dimodifikasi. Tes Kemampuan metlinguistic awareness' meliputidimensi metefonology awareness dan melasyntactic awareness, dimensimetasemanric awareness. Data kemampuan pemahaman hacaan didapat dari skorhasil tes pemahaman bacaan yang disusun oleh C.Thorne kemudian dimodifikasiuntuk kesesuaian penelitian. Tes pemahaman bacaan meliputi dimensipemahaman kata pemahaman kalimat, pemahaman literal dan pemahamzminférensial.Sebelum digunakan , alat ukur penelitian diuji validitas dan reliabilitasnyadengan menggunakan Teknik Korelasi Pearson Product Moment dan TeknikAlpha Cronbach. Analisa data menggunakan Teknik Korelasi Pearson ProductMoment Regresi Berganda dan Uji T.Hasil penelitian menunjukkan adanyl hubungan pusitif antara kemumpuanbilingual dan Metalinguistic Awareness terhadap kemampuan pemahaman bacaanbaik secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama. Besar sumbangan efektif darikedua variabel bebas tersebut adalah 73,5 % . Hasil penelitian menunjukkan pulabahwa ada perbedaan metalinguiszic awarenes dan kernampuan pemahamanbacaan antara siswa bilingual dominan bahasa Indonesia dengan siswamonolingual bahasa Indonesia. Anak bilingual memiliki kemampuan yang lebihtinggi pada metalinguistic awarenes dan pemahaman hacaan dari pada anakmonolingual.Berikutnya ditemukan pula hahwa padu anak yang memiliki metalinguisticawarenes di atas rata-ata tampak adanya perbedaan pemahaman bacaan yangtinggi antara anak bilingual dari anak monolingual. Tidak demikian halnya bilapemahaman bacaan dilihat dari kemampuan metalinguistic awarenes dibawah rata-rata tidak didapat adanya perbedaan yang signifikanDitemukun perbedaan pemahaman bacaan puda anak bilingual bila dilihatdari kadar metalinguistic awarenes yung herbeda dimana pemahaman bacaananak bilingual lebih tinggi dibandingkan monolingual.Pada anak bilingual tcerlihat perbedaan yang cukup besar jikadibandingkan berdasarkan tingkat. kemampuan metalinguistic awarnesNamun pada anak monolingual tidak terdapat perbedaan pemahaman bacaan yangsignifikan bila kemampuan metalinguistic awarenes di atas rata-ratadiperbandingkan dengan anak berkemampuan metalinguistic awarenes di bawah rata-rata.Untuk penelitian selanjutnya perlu diupayakan antara lain pengambilansubyek yang lebih luas, penyusunan instrumen yang lebih baik, Serta pengukuranaspek-aspck lain yang mungkin 'mempengaruhi kemampuan pemahaman bacaananak bilingual. Dapat pula dilakukan perbandingan antra kemampuanmetalinguistic awareness anak monolingual bahnsa Indonesia, monolingualbahasa Inggris, bilingual dominansi bahasa Indonesia, bilingual dominan hahasaInggris dan bilingual seimbang. Serta bagaimana pengaruhnya pada kemampuanpemahaman bacaan mereka. |
![]()
|
No. Panggil : | T38112 |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2002 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | |
Tipe Konten : | |
Tipe Media : | |
Tipe Carrier : | |
Deskripsi Fisik : | xii, 312 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI, Lantai 3 |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T38112 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343729 |