Meningkatkan Kepercayaan Bawahan Terhadap Atasan (Studi Kasus Di PT. ZZZ)
Reita Amelia;
Fakhrudin, supervisor
(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003)
|
PT. ZZZ adalah perusahaan farmasi yang mengutamakan keunggulan kinerja dimana kunci sukses perusahaan terletak pada kualitas dan motivasi SDM. Dalamhai ini, karyawan PT. ZZZ tidak dapat bekerja sendiri namun harus bekerjasamasehingga keadaan interdependensi ini membuat kepercayaan antara bawahan danatasan sangat penting dalam membentuk tim kerja yang kompak.Kepemimpinan transfonnasional memotivasi karyawan untuk berprestasimelampaui harapan sehingga karyawan merasa percaya kepada pemimpinnya danterotivasi untuk mencapai kinerja superior. PT. ZZZ adalah salah satu perusahaanyang ingin menerapkan kepemimpinan transformasional.Pelatihan adalah suatu usaha untuk meminimalkan kesenjangan antara kinerjayang dituntut dengan kinerja yang dimiliki oleh seorang karyawan. Agarkesenjangan tersebut dapat diminimalkan atau dihilangkan maka memberikanprogram pelatihan yang cocok dengan kebutuhan karyawan sangat pentingdilakukan oleh Departemen SDM.Namun masalah yang terjadi di PT. ZZZ adalah turn over karyawan tinggi karenaketidakpuasan pada hubungan bawahan dan atasan atau tingkat kepercayaanbawahan terhadap atasan rendah. Karyawan yang mengundurkan diri berjumlah10% dari 500 orang dan mereka memiliki kinerja yang outstanding sehinggamerugikan bagi perusahaan karena terjadi peningkatan biaya perekrutan, biayapenyeleksian, biaya pelatihan dan pengembangan, biaya akibat atasan membangunsystem dari awal lagi, biaya membina hubungan dan komunikasi, dan lain-lain.Untuk mengeliminasi hal ini dan untuk meningkatkan penerapan kepemimpinantransformasional maka Departemen SDM diminta untuk melakukan suatu desainpelatihan efektif yang diawali dengan melakukan identitikasi kebutuhan pelatihan.Dari hasil analisis diketahui bahwa karyawan membutuhkan pelatihan untukmeningkatkan kepercayaan bawahan terhadap atasan agar tercapai tim kerja yangkompak (team bonding). Metode pengumpulan data yang digunakan adalahdengan melakukan wawancara terhadap bawahan (Direktur, Manajer Senior,Manajer Yunior, Supervisor, dan Kctua Tim). Dari hasil pengumpulan datadiperoleh bahwa masih terdapat kesenjangan antara kondisi ideal yang diharapkanbawahan terhadap atasan dengan kondisi aktual para atasan.Oleh karena itu, penuiis menyusun rekomendasi terhadap hasil yang diperoleh danpengmnpulan data. Pelatihan pembentukan tim yang kompak untuk meningkatkankepercayaan bawahan terhadap atasan akan focus kepada pengenalan beberapamateri yang berhubungan dengan kebutuhan yang ada ditambah tugas atausimulasi yang mengarah kepada penerapan materi.Sistem pelatihan yang dimulai dari mengidentifikasi kebutuhan pelatihan,menyusun sasaran pelatihan, mendesain program pelatihan, mengimplementasiprogram pelatihan, serta mengevaluasi dan menindaklanjuti pelatihan diharapkandapat menjadi salah satu upaya dalam rangka penyelesaian masalah yang terjadi diPT. ZZZ. |
T-PDF Reita Amelia.pdf :: Unduh
|
No. Panggil : | T-Pdf |
Entri utama-Nama orang : | |
Entri tambahan-Nama orang : | |
Subjek : | |
Penerbitan : | [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2003 |
Program Studi : |
Bahasa : | ind |
Sumber Pengatalogan : | LibUI ind rda |
Tipe Konten : | text |
Tipe Media : | computer , |
Tipe Carrier : | online resource |
Deskripsi Fisik : | vii, 34 hlm. ; 30 cm. + lamp. |
Naskah Ringkas : | |
Lembaga Pemilik : | Universitas Indonesia |
Lokasi : | Perpustakaan UI |
No. Panggil | No. Barkod | Ketersediaan |
---|---|---|
T-Pdf | 15-24-83080832 | TERSEDIA |
Ulasan: |
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343740 |