ABSTRAK Retardasi mental merupakan gangguan iimgsi kognitif yangmengakibatkan keterbatasan dalam perilaku adaptif dan tampak selama masaperkembangan (Grossman, dalam Kaufiinan & Hallahan, 1988). Keterbatasanyang dimiliki anak dengan retardasi mental membuat mereka tidak dapatberkembang dengan optimal sehingga perlu mendapatkan penanganan. Intervensidibexikan untuk rnelatih kemampuan yang penting dilcuasai anak, seperti bantudiri dan kemampuan sosial (Mash & Wolfe, 2005).Retardasi mental memiliki 4 kategori berdasarkan skor IQ, yaitu retardasimental ringan, retardasi mental sedang, retardasi mental berat, dan retardasimental sangat berat. Pelatihan bantu diri pada anak dengan retardasi mental ringandapat dilalcukan dengan modifikasi perilaku yang menggunakan prinsip belajar(Papalia, Olds 8: Feldman, 2001). Beberapa penelitian menunjukkan bahwateknik modiiikasi perllaku sangat cocok dan dapat diaplikasikan untukmengajarkan anak dengan netardasi mental mengenai keterampilan bantu diriseperti berpakaian, makan dan kebersihan pribadi (Martin dan Pear, 2003).Tugas akhir ini bertujuan untuk rnelatih anak dengan retardasi mentalringan berusia 4 tahtm I bulan, untuk memilild keterampilan bantu diri dalam halberpakaian. Secara khusus, pelatihan ini bertujuan untuk melatih kemampuansubjek untuk menggunakan oelana dalam sendiri.Teknik modilikasi perilaku yang digtmakan dalam pelatihan ini adalahteknik backward chaining. Backward chaining sesuai tmtuk m keterampilan bantu diri dan seringkali dipakai untuk melatih berpakaian padaanak dengan retardasi mental (Martin & Pear, 2003). Backward chainingmerupakan prosedur pelatihan yang biasanya digunakan jika subjek memilikikemampuan terbatas mengenai suatu perilaku (Miltenbcrger, 2004). Buktikeberhasilan dari perilaku yang diajarkan pada langkah awal pelatihan masih tetapada sampai pelatihan sclesai dilakukan (Kazdin, 1980).Hasil pelatihan menunjukkan bahwa setelah menjalani 24 sesi pelatihandengan menggunakan teknik backward chaining, subjek dapat menggunakancelana dalam sendiri tampa bantuan orang lain. ABSTRACT Mental retardation is a cognitive tirnction disorder which cause alimitation in adaptive behavior and appears during developmental age (Grossman,in Kauflinan & Hallahan, 1988). The limitation a mentally retarded childpossesses is causing them not to be able to develop themselves optimally. In orderto be able to develop optimally, such child needs a special treatment. Anintervention can be conducted to train several important skills for the child, suchas self help and social skills (Mash & Wolfe, 2005).Mental retardation is categorized into 4 categories based on IQ scores, i.e.mild, moderate, severe and profound mental retardation. A self help training forchildren with mild mental retardation can be done by doing behavior modificationusing learning principles (Papalia, Olds & Feldman, 2001). Researches showedthat behavior modification technique is suitable and can be applied to teach childwith mental retardation about selfhelp skill, such as dressing, eating, and personalhygiene (Martin & Pear, 2003).This thesis is written with an objective to train a 4 year-old mild mentallyretarded child to possess a self help skill in dressing. Specifically, this training isaimed to train the child's ability to put on underwear without others help.The behavior modilication technique which is used to conduct thistraining is a backward chaining technique. This method is suitable for developingself help skill and ohen used to teach children with mental retardation to dressproperly (Martin & Pear, 2003). Backward chaining itself is a training procedurewhich often be used when a child has limited ability to do certain things(Miltenberger, 2004). A S\.lC06SSfll1 tained behavior in the early stage of trainingpersists until the whole training process is conducted (Kazdin, 1980).The final training result shows that after completing 24 training sessionsusing backward chaining technique, the child is able to wear underwear by herown without others help.
|