:: UI - Tesis Membership :: Kembali

UI - Tesis Membership :: Kembali

Peranan kualitas attachment, usia dan jender pada perilaku prososial

(Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004)

 Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji peranan kualitas attachment,
usia dan jender pada perilaku prososial. Latar belakang yang mendasari
penelitian ini adalah adanya gejala penurunan tingkat kepedulian terhadap
orang lain, serta meningkatnya keterlibatan anak dan remaja dalam perilaku
anti sosial, khususnya pada masyarakat perkotaan. Menurut Rutter, Giller
dan Hugell (1998), perilaku anti sosial pada dasarnya dapat dicegah, salah
satunya dengan cara mengembangkan perilaku prososial. Untuk
mengembangkan perilaku prososial faktor-faktor yang kemungkinan
mempengaruhi adalah kualitas attachment, usia dan jender
Penelitian ini dilakukan pada anak usia sekolah dan remaja, dengan
jumlah subyek 204 orang. Untuk mengumpulkan data digunakan security
scale dan skala perilaku prososial. Sedangkan untuk analisis datanya
digunakan multiple regression dan t-test.
Kesimpulan yang diperoleh adalah (l) ada peranan yang signifikan
dari kualitas attachment, usia dan jender pada perilaku prososial, serta pada
masing-masing perilaku berbagi, bekerjasama dan menolong. Besarnya
sumbangan dari kualitas attachment, usia dan jender pada perilaku
prososial, berbagi, bekerjasama dan menolong secara berturut-turut adalah
21,7 %, 14,5%, 22% dan 16,3%. (2) Kualitas attachment memberikan
sumbangan yang terbesar secara signiflkan pada perilaku prososial, Serta
pada masing-masing bentuk perilaku prososial berbagi, bekerjasama dan
menolong. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara yang secure dan
insecure attachment pada perilaku prososial, serta pada masing-masing
bentuk perilaku prososial berbagi, bekerjasama dan menolong. Kelompok
yang secure attachment cenderung lebih tinggi dalam perilaku prososial,
berbagi, bekerjasama dan menolong dibandingkan yang insecure
attachment. (4) Ada perbedaan yang signifikan antara anak usia sekolah dan
remaja pada perilaku prososial, serta pada masing-masing hentuk perilaku
prososial berbagi, bekerjasama dan menolong. Anak usia sekolah
cenderung lebih tinggi dalam perilaku prososial, berbagi, bekerjasama dan
menolong dibandingkan remaja. (5) Tidak ada perbedaan yang signifikan
antara laki-laki dan perempuan dalam perilaku prososial, serta pada
perilaku berbagi dan menolong. Sedangkan pada perilaku bekerjasama ada
perbedaan yang signifikan, dimana perempuan cenderung lebih tinggi
dalam bekerjasama dibandingkan laki-laki

 File Digital: 1

Shelf
 T-PDF Retnaningsih.pdf :: Unduh

LOGIN required

 Metadata

No. Panggil : T38510
Penerbitan : [Place of publication not identified]: Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, 2004
Program Studi :
Bahasa : ind
Sumber Pengatalogan :
Tipe Konten :
Tipe Media :
Tipe Carrier :
Deskripsi Fisik : xiv, 107 hlm. ; 30 cm. + lamp.
Naskah Ringkas :
Lembaga Pemilik : Universitas Indonesia
Lokasi : Perpustakaan UI, Lantai 3
  • Ketersediaan
  • Ulasan
No. Panggil No. Barkod Ketersediaan
T38510 TERSEDIA
Ulasan:
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 20343755